Aksi Teror Bakar Rumah dan Mobil di Lubuk Basung, Gemparkan Warga Setempat

29

| padangexpo.com

Masyarakat Lubuk Basung digemparkan oleh dua aksi teror yang terjadi secara bersamaan berupa aksi bakar rumah dan mobil pada Kamis (1/4) dinihari tadi. Kuat dugaan dua kasus  kebakaran berupa 1 buah rumah permanen dan 1 buah mobil Kijang LGX itu ada unsur kesengajaan, menyusul adanya beberapa barang  bukti berupa dirijen berisi bahan bakar minyak yang ditemukan di sekitar lokasi kejadian.

Menurut Anton Asmara, Danru Posko Utama Damkar Agam, mengatakan bahwa beberapa saat setelah menerima informasi adanya kebakaran, personil Damkar Agam langsung diterjunkan ke dua lokasi kejadian, dan langsung membantu proses pemadaman.

Informasi yang berhasil diterima  dari berbagai pihak di dua lokasi mengatakan, bahwa kebakaran yang terjadi nyaris bersamaan yakni sekitar pukul 03.00 WIB. Lokasi pertama di terjadi di Simpang Mato Aia, Jorong Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung di rumah kediaman H.Khaidir Dt.Palimo, (69), pensiunan ASN, dan di rumah Aprianto (59) ASN Pemda Agam di Sago, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung.

Kasus ini, sedang ditangani oleh pihak Polres Agam, bahkan para saksi korban masih dalam proses pemeriksaan oleh tim kepolisian. Sementara lokasi kejadian di dua titik, sudah diberi garis polisi.

Kebakaran yang terjadi di rumah kediaman H.Khaidir Dt.Palimo, diduga terjadi sekitar pukul 03.15 WIB, Kamis dini hari, dimana kebakaran itu baru diketahui korban setelah mendengar adanya suara ledakan keras yang berasal dari luar rumah.

Akibat ledakan itu, H.Khaidir terbangun dan melihat di luar rumah api sudah berkobar membungkus kendaraan miliknya yang terparkir di garase depan rumahnya. Sontak warga di sekitar lokasi kejadian berhamburan keluar rumah dan berupaya memberikan pertolongan untuk memadamkan api, sambil menunggu beberapa saat tim personil Damkar Agam sampai dilokasi kejadian.

Baca Juga :  Tingkatkan Cakupan Penggunaan Alat KB MKJP, Dinas Dalduk KB PP & PA Agam Gelar Baksos Untuk Masyarakat

Salah seorang anak korban, Riki menuturkan bahwa ada hal-hal yang mencurigakan terkait dengan terbakarnya mobil yang terparkir di depan rumahnya, termasuk penemuan beberapa kantong plastik berisi BBM ,” saat ini masih dalam proses penyelidikan, saya masih di Polres Agam dimintai keterangan oleh petugas, “ sebut Riki.

Akibat kebakaran tersebut, kendaran jenis Toyota Kijang LGX rusak parah di bagian belakang mobil, dan api ikut menjalar di mobil pick-up yang terparkir di samping mobil yang terbakar tersebut, dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp.60 juta.

Sementara kebakaran yang terjadi nyaris bersamaan dengan kebakaran yang terjadi di Mato Aia, Lubuk Basung, adalah kebakaran yang melanda kediaman Aprianto, di Sago, Nagari Manggopoh

Rumah Aprianto, yang merupakan Kepala Sekolah SMPN 1 Lubuk Basung itu, nyaris ludes jadi abu menyusul musibah kebakaran tersebut, bahkan mayoritas perabotan dalam rumah sudah hangus terbakar, dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp.70 juta.

Tidak ada korban dalam dua kejadian kebakaran yang terjadi serentak tersebut, namun kasus itu tengah diselidiki intensif oleh pihak kepolisian, termasuk kemungkinan adanya indikasi kesengajaan dalam musibah yang melanda dua ninik mamak Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari itu. (99 HR)