Bersilaturahmi ke Balai Wartawan Luak Limopuluah, Chairul Anwar Buka Puasa Bersama Awak Media

30

| padangexpo.com

Niat anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Chairul Anwar, untuk maju menjadi kandidat calon Wali Kota Payakumbuh periode 2024 mendatang tampaknya tidak bisa lagi dibendung.

Putra asli Koto Nan Gadang itu mengaku hakkulyakin, melanjutkan estafet kepemimpinan Riza Falepi yang merupakan kader Partai PKS. Kini, ia semakin gencar bersosialisasi serta bersilaturrahmi ke tengah masyarakat Kota Randang.

“Saya diminta Partai gencar sosialisasi ke masyarakat Payakumbuh. Jika nanti mendapat tanggapan positif dari masyarakat, kita maju (Pilwako),” kata Chairul Anwar, saat bersilaturrahmi dengan insan jurnalis yang tergabung dalam wadah Balai Wartawan Luak Limopuluah, Selasa (20/4).

Dalam sesi diskusi, Chairul yang merupakan anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Riau I sempat berbicara panjang lebar tentang niatan dirinya maju di jalur eksekutif. Selain dirinya yang sudah 4 periode menjadi legislator di Parlemen, dorongan para kader PKS menjadi alasan pertama.

“Banyak kader PKS yang mendorong saya, agar mengabdi membangun kampung halaman. Awalnya saya tanggapi santai. Belakangan, ketika saya sering pulang ke Payakumbuh, sebab kebetulan saya punya pondok pesantren di 13 Koto, Kabupaten Kampar, saya semakin yakin dan optimis,” ungkapnya.

Anggota Komisi II tersebut menambahkan, banyak gagasan pemikiran yang ingin ia salurkan jika nanti benar-benar diberi kepercayaan oleh masyarakat Payakumbuh. Diantaranya, merancang program pembangunan fisik dan ekonomi, dengan visi “Payakumbuh Madani”.

Pria 58 tahun itu juga menyebut, bahwa era kepemimpinan Riza Falepi, cukup banyak kemajuan pembangunan yang dirasakan masyarakat. Terutama di bidang fisik dan ekonomi. Ekonomi Payakumbuh, katanya, secara obyektif kini lebih menggeliat dibanding kabupaten/kota lain di Sumbar.

“Bisa kita lihat, dalam situasi pandemi sekarang ini saja masyarakat Payakumbuh ini masih ramai berbelanja di pasar atau kave-kave, itu menandakan ekonomi Payakumbuh masih stabil. Ini nanti perlu dilanjutkan dan kita tingkatkan lagi,” ulasnya.

Baca Juga :  Aplikasi Siwarta Dimutakhirkan, Pemko Payakumbuh Mudahkan Media Mitra

Hanya saja, Chairul yang merupakan urang sumando Padang Kandih, Kecamatan Guguak, 50 Kota ini mengaku memiliki orientasi hidup ibarat air mengalir. Jika nanti dari hasil survei dirinya tercatat memiliki elektabilitas tertinggi, maka ia akan siap berkompetisi, begitu pula sebaliknya.

“Kita lihat nanti, bagaimana hasilnya. Melalui momen ini, saya pun banyak menemukan hal baru. Setiap bertemu masyarakat, misalnya, saya banyak menemukan dunsanak, nan bakaik-kaik dengan saya,” ujarnya. Selain silaturrahmi, Khairul mengaku, juga telah banyak memasang baliho buat sosialisasi.

Sementara itu, Anggota DPRD Fraksi PKS Kota Payakumbuh, Mustafa, yang turut hadir dalam kegiatan silaturahmi bersama wartawan mengatakan, jika anggota DPR RI Chairul Anwar adalah salah satu kader PKS yang diapungkan untuk kandidat calon Wali Kota Payakumbuh.

“Sebenarnya, saat ini ada tiga kader yang diapungkan PKS buat kandidat Wali Kota Payakumbuh. Yaitu, Pak Ustad Chairul Anwar, Pak Ustad Irsyad Safar serta Pak Hamdi Agus. Tapi nanti, tetap yang dipilih itu adalah kader yang elektabilitasnya paling tinggi menurut hasil survei,” tuturnya.

Dia menyebut, PKS adalah partai yang sangat realistis, terutama dalam menentukan kandidat yang bakal diusung sebagai kepala daerah. PKS, katanya, juga tidak menutup diri serta membuka peluang terhadap kandidat di luar kader, jika nanti memiliki keunggulan berdasarkan survei. (Ken)