Home Kab/Kota Padang Panjang GANN Kota Padang Panjang Gelar Rakor Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba Bagi Generasi...

GANN Kota Padang Panjang Gelar Rakor Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba Bagi Generasi Muda

56

| padangexpo.com

“GANN,” Kota Padang Panjang kembali melaksanakan rapat koordinasi dengan pengurus, pertemuan tersebut juga dalam kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda dan juga sekaligus tentang Pendidikan, bertempat di sekretariat GANN Palanta Uncu Cafe,12 April 2021, Kelurahan Tapak Lambiak.

Setelah sukses GANN melaksanakan pengukuhan SMAMPA TENAR (SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tolak Edar Narkoba) pada hari Sabtu lalu, sekarang GANN juga mempersiapkan diri untuk langkah selanjutnya.

Pada pertemuan tersebut juga dihadiri oleh ketua DPRD Bapak Mardiansyah, Amd. Beliau juga selaku penasehat GANN kota Padang Panjang.

Dalam pertemuan tersebut Mardiansyah yang akrab disapa dengan panggilan Adi itu menyampaikan beberapa ide-idenya atau terobosan baru, di depan pengurus yang hadir.

Saya lebih suka memberi pancing dari pada memberikan ikan kepada masyarakat, karena kalau ikan yang diberikan, seandainya ikan itu habis meraka akan minta kembali kepada kita, tetapi kalau pancing yang kita berikan, berarti kita memberikan bekal untuk mereka untuk lebih giat berusaha, sebut Mardiansyah.

Adi juga menyampaikan, bagaimana GANN kedepannya dapat melakukan untuk mencari data berapa orang anak-anak kita yang putus sekolah di kota Padang Panjang, yang seharusnya masih duduk di bangku sekolah sekarang, seperti di SLTP maupun SLTA, mungkin putus sekolahnya dengan berbagai alasan, ini kita lakukan untuk mencegah kenakalan remaja, dan menyelamatkan generasi muda, imbuhnya.

Alasan lainnya seperti orang tua tidak mampu membayar uang sekolah, atau harus membanting tulang membantu orang tua mencari nafkah, juga dengan alasan pakaian atau perlengkapan sekolah yang sudah rusak, dan alasan lainnya.

Jadi kita juga harus bertanggung jawab dengan masa depan anak-anak tersebut, kita akan bujuk mereka agar mengikuti pendidikan lagi, walaupun harus mengikuti sekolah paket yang ada di Padang Panjang, karena kota kita juga memiliki Perda wajib belajar sembilan tahun, dan kita akan koordinasi dengan dinas pendidikan nanti, harapnya.

Baca Juga :  MTsN Ganting Jadi Sekolah Percontohan Program Anti Narkoba

Ditambahkan juga oleh Adi, karena kegiatan GANN masih banyak kedepannya yang harus dilakukan, GANN juga belum memiliki kas sendiri, dan di setiap kegiatan yang dilakukan GANN juga selalu badoncek/Swadaya, jadi saya sarankan agar membuat UMKM, kelompok usaha, banyak usaha yang dapat dilakukan sebut Adi.

Pada kesempatan yang sama Drs. Deswandi, Mkes, selaku penasehat GANN juga menyampaikan tentang bagaimana kedepan keuangan organisasi GANN kedepannya, kita perlu dana dan kita juga harus siapkan Proposal untuk donatur yang tidak mengikat nanti, sebutnya.

Dalius Rajab selaku ketua umum GANN juga menyampaikan bahwa kedepan setiap Divisi di urutan ganjil koordinatornya Wakil ketua I sedangkan untukĀ  Divisi urutan genap koordinatornya wakil ketua II.

Beberapa sekolah yang telah di Launching GANN yaitu, pada tanggal 3 Maret MAN 1, 8 Maret MTsN Ganting, 15 Maret MAN 3, 23 Maret SMPN 4, 30 Maret SMPN 2. dan 10 April 2021 SMAMPA TENAR (SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tolak Edar Narkoba).

Sedangkan dua Kelurahan Bersih Narkoba di Pendopo rudin Wako 26 Maret 2021. Kelurahan Koto Panjang dan kelurahan Balai-Balai.

Dalam rapat program tersebut, hadir Pembina GANN Bapak Mardiansyah, Ketua Dewan Penasehat, Drs. Deswandi, Dt. Mangkuto Sati, Ketua DPC. Dalius Rajab, Sekretaris Al Friadi, Ketua Divisi Srikandi, Meri Delvi, dan Ketua Divisi Humas, Syafrianto. (YB)