Jefrizal,S.Pt.,MT Asisten II Kota Solok Mengabdi Demi Kemajuan Daerah

85
Jefrizal,S.Pt.,MT Asisten II Kota Solok (Ist.)

| padangexpo.com

Jadi sosok inspiratif dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN terutama generasi muda di lingkungan Pemerintah Kota Solok, Jefrizal, S.Pt, MT kelahiran Padang, 22 Mei 1968 ini, sukses sepanjang kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah yang dikenal sebagai Kota Beras Serambi Madinah ini.

Lulusan Fakultas Peternakan Universitas Negeri Andalas (Unand) tahun 1993 ini, juga berhasil meraih gelar pasca sarjana di Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada pada tahun 2002 sebagai Magister Perencanaan Kota dan Daerah dan sudah tidak asing lagi di jajaran Pemko Solok sebagai pribadi yang santun namun tegas.

Mengawali karir sebagai Penata Muda, Golongan III/a pada tahun 1994, selanjutnya dipercaya menjadi Kasubid Agama, Porsenibud dengan eselon IV/a dari tahun 2006 – 2009, Kabid Praswil dengan eselon III/b dari tahun 2009 – 2011, Kabag PAP dengan eselon III/a dari tahun 2011 – 2013, Kepala Bappeda dengan eselon II/b dari tahun 2013 – 2014, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dengan eselon II/b dari tahun 2014 – 2016, Kepala Dinas Pertanian dari tahun 2016-2017, hingga dipercaya sebagai Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan dari tahun 2017-2019 dan kembali dipercaya sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan dari tanggal, 7 Januari 2020 sampai dengan sekarang ini.

Sepanjang karier segudang prestasi sudah pernah ditorehkannya. Diantaranya, menyabet prestasi dari Kementerian Pertanian RI atas keberhasilan saat menjabat Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, dalam melakukan peningkatan produksi padi yang berorientasi kepada Ketahanan Pangan Nasional hingga melakukan inovasi.

Sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Jefrizal mempunyai tugas dan fungsi membantu Sekretaris Daerah dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas perekonomian, program dan pengendalian pembangunan, kerjasama dan pengadaan barang atau jasa.

BACA JUGA :  Wawako Solok Reinier, Terima Anugerah Ayah GenRe Award 2020

Dimana tugas fungsinya penyusunan kebijakan dan koordinasi perekonomian dan pembangunan, penyelenggaraan tugas-tugas administrasi perekonomian, penyelenggaraan tugas-tugas administrasi program.

Lalu, pengendalian pembangunan dan perumusan kebijakan kerjasama daerah,  penyelenggaraan tugas-tugas administrasi pengadaan barang jasa, pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan pelaporan dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugasnya.

Sebagi penyusun kebijakan, Jefrizal tentunya punya konsep, pemikiran dan motivasi tersendiri dalam mengemban amanah tersebut, hingga terciptanya sebuah tata pemerintahan yang baik, berkualitas (good local govenance). Selaras dengan fungsi pemerintahan daerah itu sendiri sebagai lembaga pengayom, penyelenggara birokrasi tingkat daerah.

Kinerja Jefrizal sosok yang murah senyum tersebut, sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan cukup mendapat respon dari segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solok. Selain Kualitas, Kawal Aparatur Berjalan Diatas Rel, diakuinya sudah menjadi sebuah pilihan guna membantu fungsi Wali Kota -Wakil Wali Kota Solok menuju tata pemerintahan yang baik (good local governance).

Salah-satu jalannya yakni bagaimana supaya seluruh aparatur sipil negara betul-betul berjalan diatas rel, seraya mengedepankan konsep kerja secara tepat, berkeadilan. Penempatan aparatur disesuaikan dengan kemampuan, latar belakang pendidikan dan keahlian.

“Idealnya kalangan aparatur di Pemkot Solok harus punya kapasitas, integritas, loyalitas, plus kejujuran. Terutama bagi aparatur instansi yang bersentuhan langsung dengan fungsi pelayanan seperti rumah sakit, puskesmas, kependudukan dan catatan sipil, dan lainnya,” jelas, Jefrizal saat diwawancarai media ini.

Untuk posisi bidang pemerintahan, juga diupayakan profesional melakukan penyusunan anggaran, sehingga pelaksanaan program fisik dan non fisik bersumber dari APBD berlangsung sesuai kebutuhan, serta mengacu pada visi misi kepala daerah sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) – Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).

BACA JUGA :  Wali Kota Solok Zul Elfian : Tindak Tegas Masyarakat yang Tidak Disiplin

“Rancangan belanja daerah tidak bisa digelar begitu saja, namun sasarannya harus jelas, terarah. Hal ini dapat dipahami dari usulan yang masuk dari tingkat Musrenbang Kelurahan, Kecamatan, hingga berlanjut ke tingkat KUA PPAS,” terang, Jefrizal.

Selain itu, pemikiran lain yang sekaligus menjadi komitmen baginya adalah soal pemberian reward bagi PNS berprestasi, serta diikuti penjatuhan sanksi bagi aparatur indispliner. Ini penting dilakukan karena kinerja, dedikasi aparatur sangatlah menentukan terhadap kualitas dan standar pelayanan birokrasi  terhadap masyarakat.

Bila perlu konsepsi ini diselaraskan dengan efisiensi anggaran perjalanan dinas pejabat dan pegawai ke luar daerah, kecuali itu bersifat insidentil atau keharusan. Itupun setiap agenda perjalanan dinas luar daerah selanjutnya mesti dievaluasi azas manfaatnya, dan peningkatan kwalitas/ standar SDM aparatur dapat diukur dari sana.

“PNS bekerja digaji oleh Pemerintah, maka segenap aparatur sipil negara harus punya dedikasi dan tanggung jawab penuh terhadap tugas pokok dan fungsinya. Dengan bekerja berleha-leha, pemikiran yang sederhana bahkan sembrono, hasilnya cenderung tidak akan memuaskan,” pungkas, Jefrizal.

Yang tak kalah penting lagi menurut, Jefrizal adalah dimana Pemkot Solok perlu menjaga hubungan dengan Forkopimda serta  Wartawan, mengakomodir segala bentuk informasi sebagai bahan masukan. Dengan terciptanya hubungan kemitraan yang baik, profesional dan sehat, diharapkan tatanan daerah juga semakin berkualitas.

“Misalnya konfirmasi pemberitaan, khususnya bidang pemerintahan, tidak serta-merta harus langsung dengan Wali Kota Solok – Wakil Wali Kota, justru jajaran Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian harus ikut proaktif ambil bagian, untuk publikasi program pembangunan secara keseluruhan, secara terjadwal hingga kegiatan tersebut dapat digelar,” ujar, Jefrizal menyudahi wawancaranya. (Yosep)