Pemerintah Setempat Bersama LPM Kelurahan Pasar Usang Gagas Pasar Pabukoan ‘GENTAR’

43

| padangexpo.com

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 H banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat, salah satunya seperti Inovasi Kelurahan Pasar Usang membuka pasar pabukoan yang diberi nama Gentar (Gerakan Belanja Antar Tetangga).

Hal tersebut adalah gagasan terobosan baru dari ketua LPMK, M. Agusti Zico, beserta jajarannya, juga Lurah  Nofebrianton, S,Sos, dan melibatkan 18 RT yang ada di kelurahan Paus.

Pembukaan Pasar Pabukoan Gentar dibuka langsung oleh Bapak Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran BBA Datauk Paduko Malano, pada hari Sabtu, 3 April 2021 yang berlokasi di Pasar Inpres Globe Pasar Usang.

Pada sambutannya disampaikan oleh Fandy, Alhamdulillah ini adalah Sinergisitas kami pemerintah daerah bersama LPM Kelurahan Pasar Usang, Masyarakat Pasar Usang dan juga Bank Nagari membentuk sebuah pasar Kuliner khususnya pasar pabukoan di wilayah kelurahan pasar usang.

Melalui program ini esensi pemulihan ekonomi betul-betul terasa bukan hanya melalui program program pemerintahnya saja tetapi juga di songsong dari semangat masyarakat itu sendiri, sebut Fadly.

Kepada pedagang, Fadly mendoakan supaya dagangannya bisa laris terjual, walaupun dalam masa sulit seperti ini, tetapi melihat semangat bapak ibu semua Saya doakan dagangannya bisa laris dan dapat dipermudah di bulan yang berkah ini, ucapnya.

Ditambahkan juga oleh Fadly, tenda yang kita beli dari anggaran DID ataupun Bantuan Recovery Ekonomi dari Pemerintah pusat yang Alhamdulillah sudah terpasang dan bermanfaat bagi masyarakat di Pasar Usang, sebutnya.

Kata Fadly, tenda-tenda tersebut juga di pasang di beberapa titik untuk pasar pabukoan di kota Padang Panjang, itu adalah salah satu tujuan kita untuk bagaimana Ekonomi di mulai dari dari restruk masyarakat itu sendiri.

Baca Juga :  Wali Kota Fadly Amran Tampil Sebagai Pembicara Nasional Tentang Kota Tertib Ukur

Tenda yang kita sediakan itu ada sekitar 98 buah tenda, dan ini kita pasang di beberapa tempat, seperti di Pasar Pusat, Pasar kuliner, Pasar Usang, di masjid taqwa, di masjid islami senter dan banyak di tempat lainnya, Mudah-mudahan ini bisa mensuport lokal ekonomi di masa puasa bulan Ramadan, imbuhnya.

Diwaktu yang hampir bersamaan  lurah Pasar Usang Nofebrianton, S,Sos juga memaparkan, pasar pabukoan dan kuliner di Globe kelurahan pasar usang, yang sejak tahun  lalu sudah direncanakan oleh lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK) Pasar Usang,

Terwujud dan sekarang di Support oleh Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang dan segenap lembaga yang ada di kelurahan beserta lapisan masyarakat yang ada kelurahan ini, ujarnya

Ditambahkan oleh lurah, keinginan mewujudkan kembali pasar pabukoan dan kuliner di Globe ini telah lama di inginkan oleh masyarakat pasar usang, apalagi setelah setahun lebih berada dalam penurunan ekonomi dikarenakan Pandemi Covid-19, sehingga masyarakat sangat merasakan dampak dari hal tersebut.

Karena itu LPMK Pasar Usang berusaha mewujudkan keinginan masyarakat untuk dapat beraktivitas dan berjualan di area Globe yang dahulunya ramai dan kemudian menjadi sepi dikarenakan pandemi covid-19.

Kami kelurahan pasar usang dengan segenap lembaga dan lapisan yang ada, akan tetap mensupport keinginan masyarakat dalam bentuk apapun, kami akan lakukan upaya sekuat tenaga dan berusaha untuk mewujudkannya.

Semoga segala upaya yang dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat yang telah membantu mewujudkan keinginan masyarakat kami di Pasar Usang menjadi amal ibadah Dimata Allah SWT, harapnya.

“Ketua LPMK Pasar Usang, M, Agusti Zico,” mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM  yang telah meminjamkan fasilitas tenda untuk masyarakat berjualan pabukoan di bulan Ramadan ini di Kelurahan Pasar Usang.

Baca Juga :  Isra' Mi'raj Momentum Mensyukuri Nikmat Allah

“Tujuan pasar pabukoan ini kami buat, salah satunya untuk meningkatkan perekonomian warga kami yang terdampak Covid-19. Insyaallah  dengan program inisiatif dari LPMK Pasar usang ini, dapat meningkatkan ekonomi warga,” ujarnya.

Dikatakan juga oleh Zico kita mempergunakan lahan komperindak yang selama ini bisa dikatakan tidak dimanfaatkan dengan maksimal,  inisiatif kami di dalam lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan(LPMK) untuk membuat lahan tersebut lebih bermanfaat bagi masyarakat Paus, paparnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kapolres yang diwakili oleh Kapolsek Padang Panjang AKP Pamuji, Pimpinan Bank Nagari Zulhendri, Ketua KAN Bukit Surungan Angku Datuak Bagindo Marajo.

Juga tak ketinggalan Kadis koperindag, Kadis Sosial Kabid Pasar, Kadis Perdagangan, Kabid Damkar, Camat Padang Panjang Barat, Lurah se-kota Padang Panjang Barat, ketua DPD LPM, ketua DPC LPM, Ketua LPM se-kota Padang Panjang Barat, Bapak-ibu Kelurahan Pasar Usang, Babinkantibmas, ketua fkpm, ketua Karang Taruna dan ketua 18 RT yang berada di kelurahan Pasar Usang. (YB)