Pemkab Solok Gelar Sertijab Pj Bupati Solok Tahun 2021 Sekaligus Diskusi Politik dan Antisipasi Penyebaran CoVID-19

56

| padangexpo.com

Jelang memasuki bulan suci Ramadhan Pemerintah Kabupaten Solok menggelar kegiatan serah terima jabatan Penjabat Bupati Solok Tahun 2021 yang berlangsung di Guest House Arosuka, Kamis 8 April 2021.

Dalam kegiatan tersebut sekaligus dilakukan pembahasan tentang penanganan antisipasi penyebaran CoVID-19 sekaligus diskusi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Hadir dalam kegiatan tersebut PJ Bupati Solok Heri Nofiardi, SE.,MM, Plh Bupati Solok Aswirman,SE.,MM, Para Staf Ahli Bupati dan Para Asissten Bupati, Forkopimda Kabupaten Solok, Kepala SKPD lingkup Pemda Kabupaten Solok, Kepala Ormas Islam Se Kabupaten Solok.

Adapun serah terima jabatan penjabat Bupati Solok tersebut berdasarkan surat keputusan menteri dalam negeri (Mendagri) Nomor 131.13-662 Tahun 2021 tentang pengangkatan penjabat Bupati Solok Provinsi Sumatera Barat.

Plh Bupati Solok Aswirman,SE.,MM dalam hal ini mengucapkan selamat kepada Pj Bupati Heri Nofiardi, SE.,MM , semoga dalam menjalankan tugasnya di Kabupaten Solok dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

“Diharapkan kepada PJ bupati solok untuk menyelasikan beberapa wewenang pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan oleh Plh Bupati, Mudah-mudahan apa yang terkendala sebelumnya juga dapat di tuntaskan oleh PJ Bupati Solok,” terang Aswirman.

Tidak lupa juga Plh Bupati Aswirman mengucapkan maaf kepada seluruh Forkopimda dan SKPD lingkup Pemda Kabupaten Solok jika ada kesalahan selama menjabat menjadi Plh Bupati Solok maupun pribadi untuk dapat dimaafkan.

PJ Bupati Solok Heri Nofiardi, SE.,MM dalam sambutannya mengatakan, selaku Pj Bupati Solok semoga dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya di Kabupaten Solok ini.

“Kita harus waspada dengan pandemi covid-19 ini, karena Kabupaten Solok sekarang berada pada zona orange dan meminta kepada Forkopimda, SKPD, tokoh ulama dan masyarakat untuk dapat bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  TSR Kabupaten Solok Kunjungi Nagari Simanau, Wabup Jon F Pandu : Pemuda Harus Bangkit Membangun Daerah

PJ Bupati Solok Heri Nofiardi mengatakan harus mematuhi secara bersama Surat Edaran Menteri Agama tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 M pada saat pandemi covid-19 dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Maka dari itu, ia berharap kepada tokoh agama dan ormas islam sangat penting memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama dalam kondisi disaat kita sedang dilanda pandemi CoVID-19, maka diharapkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat termasuk tokoh agama sangat dibutuhkan dalam memberikan edukasi pada masyarakat terkait mewabahnya CoVID-19 dalam pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan ini.

“Kita harus memperhatikan pada saat Ramadhan nanti harus memperhatikan tempat2 keramaian seperti pasar pabukoan dan keramaian malam karena itu tempat yang sangat rentan penyebaran covid,” ujarnya.

Dalam hal ini ia menegaskan, jangan sampai adanya penambahan CoVID-19 di Kabupaten Solok pada saat Ramadhan nanti, dan jangan sampai lengah dalam mengantisipasi penyebarannya.

Sedangkan untuk melakukan salah satu pencegahan penyebaran CoVID-19 nantinya akan dilakukan penyebaran baliho/spanduk tentang pedoman selama pelaksanaan ibadah puasa.

PJ Bupati Solok Heri Nofiardi mengatakan agar masyarakat tetap tenang dalam menghadapi CoVID-19, sebab saat ini masih dilarang untuk kerumunan, bukan bermaksud melarang umat beragama melaksanakan ibadah, namun pemerintah berupaya melindungi warga dari CoVID-19.

“Mengimbau kepada kita semua dan tokoh agama untuk terus berdoa agar virus corona ini tidak terus menyebar dan kita semua dilindungi,” ujarnya.

PJ Bupati Solok Heri menjelaskan saat ini pemerintah daerah akan mengacu pada surat edaran (SE) Kemenag Nomo3 03 Tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadhan dan idul fitri 1442 H / 2021 M ditengah pandemi covid-19 dan ditujukan kepada seluruh elemen, mulai dari camat, ulama.

Baca Juga :  Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Perbup Tentang TPP, Bimtek SKP Serta SITUNKIN

Adapun sasaran utama pemerinah daerah dan Forkopimda dalam dalam menanggulangi covid-19 adalah pasar pabukoan dan keramaian malam setelah shalat tarawih.

Dan, kepada seluruh masjid dan mushalla wajib menyediakan masker dan handsanitizer serta mengecek pasar pabukoan untuk ketersediaan harga.

Sedangkan untuk vaksinasi pemerintah daerah telah melakukan vaksin, yang ditujukan kepada masyarakat, maka dari itu perlu adanya penguatan dari Camat dan Wali Nagari untuk menyampaikan pengawalan dan sosialisasi tentang pelaksanaan ibadah puasa Ramadan pada saat pandemi ini dan membentuk satgas tiap Nagari. (d79)

Editor                    : d79
Sumber rilis            : Humas Pemkab Solok