Peringati Hari Jadi Kabupaten Solok ke 108 Tahun, DPRD Kabupaten Solok Gelar Paripurna

43

| padangexpo.com

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Solok ke 108 tahun, DPRD Kabupaten Solok menggelar sidang Paripurna yang bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Solok, Jumat, 9 April 2021.

Hadir dalam Paripurna Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Dr. H. Jefrinal Arifin, SH.,M.Si (Kepala Badan Pengembangan SDM), Pj Bupati Solok Heri Nofiardi,SE.,MM, Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra, Sekda Kabupaten Solok Aswirman,SE.,MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir dan Lucky Efendi, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu, Tokoh Masyarakat Kabupaten Solok Drs.Bustamar, MM dt Penghulu Sati, Forkopimda Kabupaten Solok.

Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra menjelaskan bahwa tanggal 9 April 1913 adalah tanggal yang dipergunakannya nama Solok, sebagai nama unit administrasi setingkat Kabupaten dan Solok tetap digunakan sebagai daerah administratif Pemerintah dan berkedudukan di Solok.

“Dengan sudah cukup matangnya usia kabupaten Solok yang ke 108 tahun ini, memang sudah banyak keberhasilan pembangunan yang dicapai dan begitu juga dengan perubahan yang terjadi,” ujar Dodi.

Dalam hal ini, Ketua DPRD Dodi Hendra menjelaskan bahwa melaksanakan pembangunan dalam kondisi sekarang bukanlah sesuatu hal yang mudah, apalagi kemampuan keuangan daerah yang terbatas, maka dari itu diharapkan tidak hanya mengandalkan sumber dana dari APBD Kabupaten Solok, namun dari APBD Provinsi dan APBN Pusat.

Dodi Hendra menegaskan kita dituntut bekerja keras, bergandengan tangan, bahu membahu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab demi kemajuan kabupaten Solok, dan juga tidak bisa lepas peran dunsanak dari perantauan.

Dengan masih terbatasnya SDM yang kita miliki dibandingkan dengan sumber daya alam, maka perlu kita imbangi dengan megoptimalkan kelebihan yang ada seperti potensi wisata seperti 5 Danau di Kabupaten Solok.

Baca Juga :  Bupati Solok H.Gusmal Buka Muscab IBI Kabupaten Solok ke IX Tahun 2021

“Saya ketua DPRD kabupaten Solok bersama Bupati Solok akan bergandengan tangan untuk membagun Kabupaten Bareh tanamo ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, PJ Bupati Solok Heri Nofiardi,SE.,MM mengatakan bahwa pelaksanaan hari jadi Kabupaten Solok pada tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya, karena akibat dampak CoVID-19, beberapa kegiatan harus dibatalkan untuk menghindari kerumunan masyarakat, termasuk dalam pelaksanaan paripurna ini.

Hal tersebut dilakukan berdasarkan pada peraturan daerah kabupaten Solok Nomor 2 Tahun 2009  yang telah menetapkan hari jadi kabupaten solok pada tanggal 9 April 1913, dan penetapan tersebut didasarkan pada sejarah awal dipergunakannya nama solok sebagai nama sebuah unit administratif setingkat Kabupaten.

“Peringatan hari jadi yang ke- 108 ini bukan hanya sekedar kegiatan rutin saja tetapi mempunyai makna atau arti yang sangat penting bagi kita semua terutama bagi masyarakat kabupaten solok,” ujarnya.

Ia meminta agar hal ini dijadikan sebagai momentum untuk penyegaran kembali menjadi semangat dan menjaga kegotongroyongan yang telah dimiliki selama ini.

Dalam momentum peringatan hari jadi kab solok yang ke 108 ini,sekaligus juga menjadi momentum Refleksi pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) Kab Solok tahun 2016-2021.

Disampaikan, memasuki tahun kelima Periode Pembangunan 2016-2021, telah dicapai berbagai kemajuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, maupun pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Solok.

Gubernur Sumbar diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan SDM  Dr.H Jefrinal Arifin, SH.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Solok merupakan momen penting dalam sejarah perjalanan Kabupaten Solok, melalui peringatan ini kembali dapat belajar dari segala keberhasilan dan kegagalan yang dilewati dan tujuan penyelenggaraan pemerintah daerah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jefrinal Arifin menjelaskan peringatan hari jadi bukanlah seremonial belaka, namun sebuah momen yang mempunyai makna evaluative pada saat kita harus menoleh kebelakang, dan makna prediktif atau perkiraan pada saat kita harus memandang kedepan.

Baca Juga :  Pemkab Solok Gelar Sertijab Pj Bupati ke Bupati dan Wabup Solok Beserta Sertijab Ketua TP PKK Kabupaten Solok

“Semoga ditengah pandemi Covid 19 pemerintah harus mampu mewujudkan pembangunan kabupaten Solok yang lebih baik, dan begitu juga dengan sektor ekonomi, pendidikan, perdagangan, pariwisata harus menjadi perhatian bersama,” terangnya.

Ia menjelaskan, Kepala Daerah dan DPRD berkedudukan sebagai mitra sejajar yang mempunyai fungsi yang berbeda, untuk itu hubungan keduanya sebagai mitra harus dijaga dan selalu bersinergi.

“Jangan sampai kepala daerah dan DPRD tidak harmonis, kedua pihak harus saling menghargai berbeda pendapat hal yang biasa namun kritik harus disampaikan dengan baik, sesuai dengan norma,” ujarnya.

Dan, kepada para stakeholder di Kabupaten Solok agar memanfaatkan potensi semaksimal mungkin, ciptakan pembangunan ekonomi secara merata, sebab kondisi kita sekarang sangat memerlukan inovasi dan kreativitas dalam mensejahterakan masyarakat.

“ Semoga dengan peringatan hari jadi Kabupaten Solok ini, kita optimalkan penanganan CoVID-19 dan mampu memberikan motivasi yang lebih tinggi kepada seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat untuk membagun Kabupaten Solok kedepannya,” tutupnya. (d79)

Editor                    : d79
Sumber rilis           : Humas Pemkab Solok