Tolak Narkoba, GANN Bersama Pemerintah Launching SMAMPA TENAR di Padang Panjang

47

| padangexpo.com

Sangat terlihat keseriusan GANN beserta jajarannya yang berada di Kota Padang Panjang untuk selamatkan generasi Bangsa Tolak Narkoba, itu sangat membanggakan sekali bagi Pemerintah dan Masyarakat kota yang berjulukan Serambi Mekah itu.

Kali ini GANN beserta pemerintah Daerah me-launching SMAMPA TENAR (SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tolak Narkoba) pada 10 April 2021 berlokasi di Muhammadiyah.

Yang mana sebelumnya GANN telah me-launching beberapa sekolah yang ada di kota Padang Panjang seperti, MAN 1, MAN 3, MTsN Gantiang SMP Negeri 4, SMP Negeri 2, dan 2 (dua) Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba) seperti Kelurahan Koto Panjang dan kelurahan balai-balai beberapa waktu lalu.

Kegiatan SMAMPA TENAR juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar Bapak Mahyeldi Ansharullah, karena penuhnya jadwal kegiatan beliau, setelah membubuhkan tanda tangan petisi Gubernur Sumbar Mahyeldi pun mohon pamit kepada semua yang hadir, dan kegiatan SMAMPA TENAR pun terus berlanjut.

Yang tidak kalah pentingnya pidato yang disampaikan oleh siswa-siswi SMA Muhammadiyah dibacakan dalam bahasa Inggris oleh Mahjati Rasiqah, kelas 11 IPA dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Ihsan Fadilah Sint, kelas 12 IPA, yang artinya dalam bahasa Indonesia begini.

Seharusnya tidak mengherankan jika narkoba memiliki efek negatif pada kehidupan penggunanya, sudah ada banyak organisasi dan media yang mendukung, ” katakan tidak pada narkoba,

“kita juga mungkin sudah pernah mendengar tentang efek narkoba ini dari berbagai sumber. tetapi pertanyaannya adalah, seberapa jauh anda tahu ? Oleh karena itu saya sudah mengumpulkan 3 efek samping yang paling berbahaya dari kecanduan narkoba bagi kita remaja, sebutnya

Hadirin sekalian, bahaya pertama yang harus dihadapi pecandu narkoba adalah cedera. Pengguna obat-obatan dan cedera sangat erat kaitannya dengan kecenderungan kekerasan yang berasal dari pengaruh bahan narkoba,

Baca Juga :  Kelurahan Balai Balai Launching Kampung Kreatif

Organisasi kesehatan dunia menjelaskan, “pengguna narkoba mungkin terkait dengan kekerasan pada tingkat psikofarmakologis langsung. “hal ini berarti pengguna narkoba cenderung melakukan tindak kekerasan saat mereka sedang “tinggi” katanya.

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah Rusmaida Nasution, dalam pidatonya yang berapi-api menyampaikan didepan semua yang hadir menyatakan perang terhadap narkoba, sudah menjadi tekad dari kami, beserta seluruh elemen masyarakat.

hal ini mengingat begitu besar bahaya dari penggunaan narkoba Bukan saja menyebabkan ketergantungan, namun juga berpengaruh kepada gangguan mental dan kejiwaan, mempengaruhi susunan syaraf , fisik dan psikologi, maupun menjadi apatis terhadap lingkungan sosial .

Ditambah lagi dengan bergesernya usia maupun profesi pengguna narkoba .
saat ini usia anak-anak, usia sekolah baik laki-laki maupun perempuan bahkan ibu rumah tangga sudah banyak yang terjangkit penyalahgunaan narkoba.

Tidak terkecuali narkoba menerobos kelembagaan pendidikan yang akan menghancurkan generasi generasi muda, menghancurkan masa depan mereka bahkan menghancurkan generasi bangsa.

SMA Muhammadiyah adalah salah satu tempat generasi penerus bangsa tentu tidak menginginkan dan menolak itu semua.untuk itulah kami SMA Muhammadiyah siap bersama bapak walikota , bapak kapolres, dan GANN kota Padang Panjang, bersama sama menyelamatkan generasi dengan menentang, menghindari dari penyalahgunaan narkoba.

Menyelamatkan generasi muda padang Panjang terkhusus generasi anak bangsa yang ada di SMA Muhammadiyah
Kegiatan ini kami beri nama SMAMPA TENAR (SMA Muhammadiyah Tolak Edar Narkoba)  Mengapa tolak edar Narkoba karena jika tidak ada orang yang mengedar kan narkoba , maka barang itu tidak akan pernah ada didapatkan generasi kita, ungkapnya.

Dikutip juga beberapa ayat dalam Al-Qur’an olehnya, Ta`muruna bil ma`ruf watanhauna `anil munkar. Artinya selalu atau jangan berhenti mengajak orang kepada kebaikan dan jangan berhenti melarang orang dari berbuat kejahatan.

Baca Juga :  Kadis Perkim LH, Wita : Sampah Bukan Hal Menjijikkan, Jika Diolah Sangat Banyak Manfaatnya

Deklarasi ini diharapkan menjadi tekad bulat para siswa dan kita semua untuk menolak dan memerangi narkoba, sebutnya

Pada kesempatan itu juga, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul me-launching SMA Muhammadiyah sebagai sekolah yang bertekad menolak peredaran narkoba dalam tajuk SMAMPA TENAR, TENAR merupakan akronim dari Tolak Edar Narkoba.

“SMA Muhammadiyah telah bertekad menolak narkoba. Ini patut diapresiasi. Narkoba merusak generasi muda. Pencegahan narkoba adalah tanggung jawab bersama, tidak hanya institusi kepolisian dan lembaga terkait,” kata Asrul.

Partisipasi semua pihak sangat berarti dalam memberantas narkoba. “Kami apresiasi sebagai upaya menjadikan Padang Panjang bebas dari narkoba,” ujarnya.

Penyebab seseorang terlibat narkoba, menurut Asrul, kurangnya perhatian orang tua, karena coba-coba dan usia muda yang cenderung rentan serta labil mencari jati diri. “Dengan acara ini, dapat meningkatkan komitmen bersama bahwa narkoba ancaman kelangsungan generasi muda, menghancurkan kehidupan pemakai,” lanjutnya.

Sementara itu Dalius Rajab selaku ketua umum GANN kota Padang Panjang mengatakan, kegiatan ini merupakan kecintaan kita kepada generasi muda agar bersih dan terhindar dari narkoba, Karena Sumbar juga memiliki angka tertinggi dalam penyalahgunaan narkoba,

Ditambahkan juga oleh Dalius, secara geografis Padang Panjang adalah daerah persinggahan dari berbagai daerah Provinsi lain, seperti Medan, Jambi, Riau, Bengkulu, dan kabupaten kota lainnya, pengedar itu yang akan masuk ke daerah kita nanti, yang akan merusak generasi penerus kita khususnya kota Padang Panjang tercinta, sebut

Di depan ratusan orang yang hadir, Dalius Rajab juga mengucapkan terimakasih kepada kasat narkoba AKP, Witriza Wati, SH MH yang selalu hadir untuk men-support GANN dalam setiap kegiatan, ungkapnya

Pada kesempatan itu Ka, BPBD Kesbangpol, Ir, Zulheri MM, juga menyampaikan, Pencanangan atau Launching Sekolah Duta Anti Narkotika di kota Padang Panjang termasuk yang di Launching SMAMPA TENAR ( SMA Muhamadyah Padang Panjang ) kegiatan Positif yang harus didukung oleh semua Element, baik Pemerintah, GANN, Guru,Orang tua dan masyarakat.

Baca Juga :  Herman Baher Salurkan Bantuan 1,1 Ton Beras Kepada Warga Padang Panjang yang Terdampak Virus CoVID-19

Ditambahkan Zulheri, Kegiatan itu juga sejalan dengan Program Kesbangpol Kota Padang Panjang yaitu P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba).

Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah generasi-generasi muda kita dari bahaya latin Narkoba, serta dapat meminimalisir dan bahkan menghilangkan peredaran Narkoba di Kota yang berjulukan kota Serambi Mekah ini, yang mana saat ini kasusnya masih banyak di temukan dan ditangani Satresknarkoba Polres Padang Panjang, sebutnya.

Begitu juga disampaikan oleh Osman Bin Nur Kadis Sosial, PPKBP3A mendukung dan apresiasi pencanangan SMAMPA TENAR sebagai suatu upaya menangkal dan menolak narkoba di lingkungan sekolah dan kami siap mendukung gerakan ini bersama GANN Padang Panjang, katanya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kapolres yang diwakili oleh Kasat Narkoba AKP.Witriza wati, SH, MH. Kadis Sosial, Dan Ramil, Ka Rutan kelas IIB, Rudi Kristiawan, Kemenag, Direktur RSUD, dr. Lila Yanwar, Kasat Pol PP, Kabag Kesra, mantan Ketua DPRD Buya Hamidi,Camat Timur, Lurah Balai balai, ketua DPD Muhammadiyah, Drs. Syamsul Anwar, MM. Kepsek dan jajaran, juga wali murid SMA Muhammadiyah.

Kegiatan tersebut juga berjalan lancar, semoga kota Padang Panjang benar-benar BERSINAR (Bersih Narkoba). (YB)