DPRD Tanah Datar Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Bupati Tahun 2020

32

| padangexpo.com

Pada rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Tanah Datar, Jum’at (30/4/2021) di Pagaruyung yang dipimpin oleh ketua Rony Mulyadi,disampaikan Rekomendasi atas  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2020.

Rekomendasi yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Saidani dihadapan peserta sidang yang dihadiri oleh 18 orang anggota DPRD, Forkopimda (Forum Koordinasi Pemerintah Daerah),para staf ahli, Asisten, para kepala OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) dan Organisasi lainnya di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar.

Pada surat rekomendasi ini terdapat 33 point penting yang diharapkan agar segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah. Point point tersebut antara lain: permasalahan batas wilayah dengan Kabupaten/Kota tetangga, contohnya Kabupaten Payakumbuh dan Agam. Peningkatan pemanfaatan sistem digitalisasi dalam pelayanan publik, peningkatan pengawasan secara kontinyu terhadap beberapa OPD (Organisasi Pemerintah Daerah)yang dinilai vital seperti Pariwisata, Perhubungan, Koperindag (Koperasi Perindustrian dan Perdagangan) serta Sosial.

Lebih lanjut Saidani menyampaikan, perlunya peningkatan kerjasama dan koordinasi semua pihak demi mencegah penyakit sosial masyarakat. Peredaran dan penyalahgunaan narkoba,serta pemuktahiran data pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk mempermudah fasilitasi masyarakat agar program-program pemerimtah tepat sasaran.

Hal-hal penting lainnya adalah penempatan tenaga medis(bidan desa) di Pustu( Puskesmas Pembantu). Masalah kekurangan peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang menyebabkan beberapa SD digabung. Dan juga masalah kelangkaan pupuk bersubsidi.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE dalam tanggapannya menyampaikan telah berusaha semaksimal dan sebaik mungkin dalam pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2020 agar mendapatkan hasil maksimal bagi kepentingan seluruh lapisan masyarakat. Selaku kepala daerah, Bupati juga selalu menghimbau agar seluruh stakeholders meningkatkan kinerja demi kemajuan Luhak Nan Tuo.

Baca Juga :  Pemkab Tanah Datar Berikan Reward dan Apresiasi Kepada Peserta Terbaik Waqaf 1.000 Hafidz Ke V

Bupati juga menyampaikan penanganan-penanganan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 melalui ASN(Aparatur Sipil Negara) dan Petugas Pelayanan Publik. Pengaktifan kembali Satuan Tugas Covid-19 di tingkat Nagari sampai tingkat Kabupaten. Himbauan agar masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan, serta himbauan agar para pemantau menunda pulang kampung (mudik)

Diakhir penyampaian, Bupati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung program-program Pemerintah Daerah demi terwujudnya Tanah Datar yang sejahtera. (D13/d79)