Kurun Waktu 5 Tahun, Dukcapil Kota Padang Panjang Sukses Buat 14 Terobosan Besar Sampai ke Daerah

35

| padangexpo.com

Perkembangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Padang Panjang dalam menyelenggarakan administrasi kependudukan (Adminduk) dalam 5 tahun terakhir, sungguh luar biasa. Berbagai inovasi layanan yang dilahirkan membuat masyarakat senang dan puas.

“Layanan kita saat ini direspon masyarakat dengan sangat baik, karena layanan sekarang sudah lebih cepat dan memuaskan. Kami juga terbuka terhadap masukan maupun kritikan,” kata Kadis Dukcapil Kota Padang Panjang, Maini, Rabu (5/5) di Padang Panjang.

Menurut Maini, perbaikan layanan adminduk sejatinya sudah merata di seluruh nusantara. Dan Dukcapil Padang Panjang merupakan salah satu Dukcapil terbaik di Sumbar, bahkan di Indonesia.

“Sesuai dengan tuntutan reformasi birokrasi, berbagai perbaikan layanan adminduk terus diupayakan. Sesuai dengan Perpres No.96 Tahun 2018, kita melakukan pemangkasan waktu dan menyederhanakan persyaratan,” tuturnya.

Salah satu bentuk upaya perbaikan layanan, kata Maini, pihaknya melakukan perubahan dari pelayanan manual ke pelayanan digital (pelayanan online). Bekerja yang biasa menjadi luar biasa dengan mendukung Smart City Kota Padang Panjang dan Go-Digital secara nasional.

Secara terencana Dirjen Dukcapil telah membuat 14 langkah besar Dukcapil dari pusat sampai ke daerah. Hal ini memacu Dukcapil Padang Panjang bekerja lebih giat dan maksimal, tentunya dibarengi dengan inovasi.

“Saat ini tingkat pengamanan data Dukcapil semakin ketat dari pusat, sistem SIAK sudah sangat baik. Dukungan dana DAK untuk penyelenggaraan adminduk di daerah cukup besar. Hebatnya lagi, masyarakat sudah bisa cetak mandiri dokumen kependudukannya untuk 18 layanan dan juga tanda tangan elektronik 18 dokumen,” sebutnya.

Ke depannya, lanjut Maini, Dukcapil akan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas, penataan kependudukan dan kepemilikan dokumen kependudukan, penataan kearsipan yang digital, serta penyajian data yang akurat, valid dan akuntabel.

Baca Juga :  Dua Partai Besar, Fraksi Demokrat dan PKB Kembali Salurkan Bantuan APD ke Pemko Padang Panjang

“Satu hal yang membuat kami lebih bersemangat, bapak walikota dan pak Dirjen Dukcapil cepat tanggap, responsive dan kami dibekali dengan regulasi yang melindungi. Ketika kami ada masalah di daerah, pak walikota dan pak Dirjen tidak membiarkan kami larut, beliau berdua selalu mencarikan solusi,” imbuhnya.

Atas berbagai inovasi dan capaian itu, Disdukcapil Padang Panjang telah berulang kali meraih penghargaan. Terbaru, dinas yang dipimpin Maini sejak tahun 2015 itu kembali dinobatkan sebagai OPD Terbaik di lingkungan Pemko Padang Panjang. (yb)