Berikan Pelayanan Tepat Sasaran, KJRI Cape Town Salurkan Bantuan Logistik Bagi ABK WNI

24

Cape Town (Afrika Selatan), PE – Perwakilan RI di luar negeri senantiasa memberikan bantuan, pelindungan dan pelayanan bagi para WNI di luar negeri terutama di masa pandemi. KJRI Cape Town salurkan bantuan logistik berupa paket makanan serta alat proteksi diri bagi para WNI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal-kapal nelayan (20/05/2021). Bertempat di Pelabuhan Cape Town, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan serta terpenuhinya kebutuhan para WNI selama masa pandemi, sekaligus menjaga tali komunikasi antara pihak KJRI dan WNI yang berada di wilayah Cape Town.

Salah satu ABK yang bekerja di Kapal berbendera Afrika Selatan bernama Atlantic Tuna yang akrab dengan panggilan ‘Pakde’, mengatakannya bahwa bantuan yang diberikan oleh KJRI sangat mendukung kebutuhan beliau terutama saat kapal sandar. Komunikasi yang berjalan secara cair antara kedua belah pihak menjadi salah satu kunci mengapa paket bantuan yang diberikan selalu relevan dengan kebutuhan para ABK. Pihak KJRI secara kontinyu menanyakan apa saja kebutuhan mereka sekaligus mendengarkan keluh kesah mereka selama bekerja. Ditambah lagi, proses pengadaan bantuan selalu dilakukan secara hati-hati dan terbuka.

Sejak awal hingga pertengahan tahun 2021 Pihak KJRI Cape Town telah menganggarkan dana yang demi tersalurkannya bantuan yang mencukupi kebutuhan para ABK. Berdasarkan anggaran yang telah disusun dan laporan yang telah diberikan, pada triwulan ke dua bantuan yang diberikan berjumlah hingga lebih dari Rp 250 juta. Diantara paket bantuan yang diberikan adalah paket kesehatan, paket keselamatan, dan paket logistik berupa makanan dan kebersihan yang secara rutin disalurkan.

# dody | KJRI Cape Town

Baca Juga :  Dukung Pelaksanaan Kelas Bersama Universitas Binus, Indonesia dan Universidad Mondragon, Usung Tema “Mexico and The Touristic Industry"