Kurangi Resiko Kebencanaan, BPBD Solok Selatan Gelar Pembentukan FPRB

51

| padangexpo.com

Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Pembinaan Kelompok Siaga Bencana Kabupaten Solok Selatan (FPRB), acara dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Solok Selatan diruang pertemuan Sarantau Sasurambi, Selasa (15/6/2021).

Dalam pembentukan forum ini, pihak penyelenggara melibatkan tiga orang narasumber, akademis dan seluruh unsur yang ada di Solok Selatan, termasuk BUMN, tokoh masyarakat, LSM dan PWI, RAPI, dan lain lain.

Acara dibuka langsung oleh Ass 1 Pemerintahan dan Kesra Fidel Effendi, didampingi Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat Burhan Wahab, Sekrestaris BPBD Solok Selatan Diki Nanda Utama, Forkopimda.

Ketua penyelenggara kegiatan Diki Nanda Utama dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut instruksi dari pimpinan agar setiap Kabupaten segera membentuk forum pengurangan resiko.

Kegiatan ini diikuti oleh semua elemen, unsur, masyarakat yang ada di Solok Selatan, dengan anggaran dari BPBD Provinsi dan Kabupaten.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumater Barat Burhan Wahab dalam sambutanya mengatakan, terimakasih kepada panitia penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan pembentukan forum dengan melibatkan semua elemen.

Tujuan dari kegiatan ini adalah ingin melakukan evaluasi dan memonitoring pelaksanaan kegiatan KSB dan siaga bencana yang ada diseluruh Kabupaten Kota

Dalam rangka mewujudkan Sumatera Barat siaga bencana, agar di setiap Kabupaten melaksanakan pembentukan forum ini.

Kegiatan di Solok Selatan ini merupakan rangkaian kegiatan BPBD Sumbar sebelumnya dalam persiapan pembentukan forum

Untuk Provinsi Sumatera Barat sudah terbentuk 7 forum pengurangan resiko dan 12 kabupaten lagi masih dalam tahap persiapan di Kabupaten Solok Selatan akan diadakan kegiatan jambore kebencanaan di Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan diwakili Ass 1 Fidel Effendi dalam arahnya menyampaikan, kegiatan pembentukan forum ini sangat tepat untuk wilayah Solok Selatan, karena wilayah Solok Selatan ini rentan dengan bencana, baik itu banjir, longsor dan sebagainya.

BACA JUGA :  Sering Banjir, BPBD Solok Selatan Rekomendasikan Batang Pangian Untuk Dinormalisasi

Kabupaten Solok Selatan sangat jauh berbeda dengan daerah lain, sering dilanda bencana, Solok Selatan banyak memiliki sungai sungai besar, perbukitan dan gunung.

Sehingga dalam penanggulangan bencana Pemda melalui BPBD sangat kesulitan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, sekalipun kelompok siaga bencana lainnya sudah ada, namun tidak tercover dengan baik.

Oleh karena itu dalam pembentukan forum yang melibatkan Akademisi, LSM, unsur lainnya dapat bahu membahu dapat mengutangi resiko bencana di Solok Selatan, dan kegiatan pembentukan forum ini juga merupakan salah satu capaian visi dan misi kepaka daerah, dalam rangka mengurangi resiko bencana.

Dengan terbentuknya forum nanti, diharapkan kepada pengurus yang terpilih agar bisa melaksanakan tugas kemanusiaan

“Kita bisa menjaga alam dan alam akan selalu menjaga kita,” harapnya. (syahril)