Pulihkan Ekonomi 4.0 Pasca Pandemi Konjen RI Karachi Temui Kamar Dagang dan Industri di KCCI

112

Karachi (Pakistan), PE – Bertempat di Kantor Karachi Chamber of Commerce & Industry (KCCI), Konjen RI Karachi, June Kuncoro Hadiningrat melakukan courtesy call sekaligus memaparkan terkait pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 kepada Ketua KCCI, Shariq Vohra beserta sejumlah anggotanya.

Dalam sambutannya, Konjen RI Karachi mengapresiasi kerja sama KCCI yang terjalin selama ini dan menyampaikan kesiapannya untuk senantiasa memfasilitasi KCCI dalam mengembangkan bisnisnya dengan Indonesia. Kerja sama ekonomi kedua negara memiliki kontribusi yang positif bagi upaya pemulihan ekonomi Indonesia – Pakistan. Tercatat walau di masa pandemi Covid-19 perdagangan kedua negara masih tumbuh positif dari US$2,3 miliar (2019) menjadi US$2,5 miliar (2020).

Shariq Vohra menyampaikan peranan penting KCCI dalam perekonomian Pakistan, karena KCCI merupakan Chamber terbesar dengan lebih dari 22.000 anggota dan memiliki kontribusi signifikan bagi pendapatan pajak nasional yaitu sebesar 70 persen serta bagi pendapatan pajak provinsi yaitu sebesar 90 persen.

Pertemuan membahas beberapa hal penting terkait ekonomi, diantaranya adalah proses peningkatan Indonesia-Pakistan Preferential Trade Agreement (PTA) menjadi Free Trade Agreement (FTA), urgensi marketing komoditas-komoditas unggulan Indonesia lainnya seperti batu bara, tekstil dan teh, serta outbound investment Indonesia di Pakistan.

Lebih lanjut, Konjen RI Karachi mengumumkan bahwa KJRI Karachi telah membuat Indonesia – Pakistan Portal (bit.ly/INA-PAK), sebuah platform digital yang dapat memfasilitasi inquiry bisnis kedua negara berbasis teknologi informasi 4.0 yang lebih efisien dan efektif.

Di akhir pertemuan, Konjen RI Karachi dan Presiden KCCI menyampaikan komitmennya untuk dapat menjadikan Indonesia – Pakistan Portal sebagai salah satu sarana yang tepat di era new normal dalam upaya bersama untuk pemulihan ekonomi nasional kedua negara pasca pandemi.

BACA JUGA :  Perkenalkan Budaya Indonesia, KRI Darwin Perkenalkan Angklung – Wayang Kulit Bagi Siswa SD di Australia

Indonesia – Pakistan Portal merupakan salah satu hasil adaptasi optimalisasi proses bisnis pelayanan KJRI Karachi kepada stakeholder Pakistan, khususnya Provinsi Sindh di masa pandemi Covid-19. Pelayanan KJRI Karachi yang selama ini didominasi dengan tatap muka mengalami hambatan yang signifikan ketika terjadi lockdown, dimana sejak 2020, Pakistan telah memasuki gelombang ketiga dengan beberapa kali penerapan lockdown secara nasional.

Indonesia – Pakistan Portal yang telah dikembangkan sejak Maret 2020 lalu dan di upgrade pada April 2021, telah cukup membantu KJRI Karachi untuk tetap memberikan pelayanan kepada para pemangku kepentingan, terutama para pelaku usaha, sekaligus mempercepat (meningkatkan efisiensi dan efektivitas) proses tindak lanjut dan penyelesaian layanan yang diperlukan, termasuk inquiry bisnis.

# dody | KJRI Karachi