Dukung Pemulihan Pariwisata Bali, KJRI Sydney Luncurkan Aplikasi ‘Tour by Me’ Karya Diaspora Indonesia

91

Sydney (Australia), PE – Sebelum pandemi Covid-19, terdapat sekitar 1 juta wisatawan Australia yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya. Namun, industri pariwisata Indonesia, antara lain di Bali yang merupakan tujuan favorit wisatawan Australia, menjadi salah satu sektor yang terkena dampak paling signifikan pandemi Covid-19. Untuk mendukung pariwisata Indonesia, KJRI Sydney memfasilitasi secara daring dan luring peluncuran aplikasi digital ‘Tour by Me’ hasil karya diaspora Indonesia di Sydney, Jemy Sutrisno (25/06/2021).

Konsul Jenderal RI-Sydney, Heru Subolo menggarisbawahi bahwa inovasi aplikasi ‘Tour by Me’ diharapkan dapat membantu pemulihan pariwisata di Bali sebagai salah satu provinsi yang paling terdampak pandemi. Ia menambahkan bahwa ketika kondisi pandemi membaik dan perbatasan kembali dibuka, wisatawan Australia dapat kembali berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan aplikasi ini “Sambil menunggu kondisi membaik, aplikasi ‘Tour by Me’ sudah dapat digunakan untuk menemani wisatawan domestik Indonesia ke Bali,” pungkas Heru Subolo.

Jemy Sutrisno, selaku CEO Tour by Me, berharap aplikasi ini dapat membantu pemulihan pariwisata Indonesia pascapandemi. Dengan slogan “Tour by me, Tour by you, Tour by Us, Let’s Gooo”, aplikasi Tour by Me menawarkan kebebasan bagi wisatawan untuk mengatur liburannya di Bali melalui aplikasi yang bisa diunduh di Play Store dan Apple Store. ‘Tour By Me’ bekerjasama dengan pemerintah dan pelaku pariwisata di Bali, termasuk pengemudi yang merangkap sebagai pemandu wisata dan pelaku sektor UKM seperti pengrajin dan penjual suvenir. Aplikasi ini juga memiliki fitur Emergency Alert dan Geo-tracking untuk memastikan para wisatawan dapat berlibur dengan rasa aman.

Samantha Vitale, seorang warga negara Australia, yang juga menghadiri acara peluncuran menyampaikan bahwa dirinya tidak sabar untuk menggunakan aplikasi ‘Tour by Me’ dan berlibur kembali ke Bali. Samantha menambahkan bahwa aplikasi ini menjadi jawaban untuk wisatawan baik asing maupun domestik yang ingin liburan dengan mandiri, menjelajahi tiap sudut Bali dengan nyaman dan aman.

BACA JUGA :  Tingkatan Kolaborasi Indonesia-Thailand, KBRI Bangkok Selenggarakan Festival Indonesia Virtual

Sebagai rencana jangka panjang, aplikasi Tour by Me nantinya akan dikembangkan untuk beberapa tujuan wisata lainnya di Indonesia dan beberapa negara Asia.

# dody | KJRI Sydney