Mendagri Tito Karnavian : Satpol PP Harus Persuasif Tegakkan PPKM, Jangan Seperti Preman

27
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (Ist.)

| padangexpo.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menjelaskan, peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menangani pandemi Covid-19. Menurutnya, Satpol PP memiliki peran, baik dari hulu hingga ke hilir, dalam melakukan penanganan. Namun yang paling utama adalah penanganan di hulu, terutama dalam mencegah penularan Covid-19.

Tito meminta Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP mengedepankan pendekatan persuasif dalam menegakkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Tito meminta Satpol PP tidak sama dengan premanisme.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pengarahan secara langsung (briefing) kepada Kepala Satpol PP provinsi dan kab/kota seluruh Indonesia secara virtual, Senin (19/7/2021).

“Jangan samakan Satpol PP dengan preman. Ini baju saja yang keren, tapi etika dan perilaku seperti preman, tidak boleh terjadi. Satpol PP ini adalah suatu profesi yang mulia, profesi yang disegani, yang diperlukan masyarakat,” kata Tito

Mendagri menuturkan peran Satpol PP dalam penanganan di hulu, yakni mencegah terjadinya, maupun mengurangi masyarakat yang berpotensi terhadap penularan Covid-19. Sedangkan dari penanganan di hilir, Satpol PP dapat membantu memperkuat sistem kesehatan bila ditugaskan untuk melacak orang yang kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Peran hilir lainnya, misalnya meminta masyarakat melakukan isolasi mandiri.

“Kita tetap tegas, tapi perlu humanis, manusiawi, bahasa yang santun dan tidak menggunakan kekuatan yang berlebih-lebihan,” tandasnya.

Mendagri menjelaskan, saat ini pemerintah berupaya berupaya membendung penularan Covid-19 dengan mengurangi pembatasan dan mencegah pembatasan, serta melindungi protokol kesehatan. Karena itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Salah satu upaya pemerintah untuk membendung penyaluran, yaitu mengurangi pembatasan, mencegah, kemudian memasifkan penggunaan masker dan upaya menjaga jarak dan lain-lain,” kata Mendagri.

BACA JUGA :  Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran Kartu Prakerja, Tahap Pertama

Dengan kondisi masyarakat yang demikian, Satpol PP diminta untuk memperhatikan beberapa hal dalam upaya upaya bersama PPKM.(del/red)