Dinkes Agam Gelar Pelatihan Tracer CoVID-19 Bagi Petugas Lapangan se Kabupaten Agam

116

| padangexpo.com

Dinas Kesehatan Kabupaten Agam gelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Pelacak Kontak (Tracer) Covid-19 bagi petugas lapangan se Kabupaten Agam di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari/25 – 26 Agustus diikuti oleh peserta yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkatibmas dan Petugas Puskesmas dari tiap Kecamatan di Kab Agam dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Hendri Rusdian, M.Kes.

Dalam sambutannya Kadis Kesehatan dr. Hendri mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Petugas Kesehatan yang nantinya akan berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19 dengan penguatan tracing sehingga dapat menemukan kasus lebih awal termasuk dalam tindakan penanganan CoVID-19 di Kabupaten Agam.

Karena kasus CoVID-19 masih tinggi di Kabupaten Agam, tentu ini menjadi perhatian serius bagi kita dan salah satu kegiatan berupa tracing yang dilakukan oleh petugas lapangan (tracer) dalam rangka pemutusan mata rantai penularan CoVID-19 tentulah sangat diharapkan sekali, dimana Babinsa, Babinkatibmas dan petugas Kesehatan diharapkan dapat menemukan kontak erat, melakukan pengawasan bagi yg menjalani isoman, edukasi /penyuluhan tentang CoVID-19 serta memantau kondisi kesehatan orang yang sedang dalam karantina atau isolasi mandiri, “ujar Hendri.

Kepada Babinsa, Bhabinkantibmas dan petugas kesehatan disamping melakukan pelacakan kasus CoVID-19 diharapkan juga dapat melakukan Entri data kasus pelacakan CoVID-19 melalui Aplikasi SILACAK dimasing2 Kecamatan. Aplikasi SILACAK adalah pencatatan secara digital data kontak erat pasien Covid-19 yang dilakukan petugas kesehatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, ” ulas Hendri.

Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dan Dinkes Agam dilaksanakan dengan Prokes yang ketat, dimana semua peserta harus telah memiliki sertifikat Vaksinasi CoVID-19, wajib pakai Masker dan mencuci tangan setiap masuk ruangan, ” ungkap Hendri, (99 HR)

BACA JUGA :  Bupati Agam, Indra Catri: Sektor Pertanian Jangan Sampai Terhenti