Serap Aspirasi Masyarakat, Bupati Solok Kunjungi Beberapa Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak dan Kecamatan Junjung Siriah

240

| padangexpo.com

Bupati Solok H.Epyardi Asda,M,Mar bersama SKPD terkait mengunjungi beberapa Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak dan Kecamatan Junjung Siriah diantaranya di Nagari Koto Sani, Nagari Saniang Baka , Nagari Muaro Pingai dan Nagari Paninggahan, Selasa 24 Agustus 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Fraksi Demokrat Dian Anggraini, Plt Kadis Sosial Ir.Soufitri, Kadis DPRKPP Efia Vivi Fortuna, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Admaizon, Kadis Pertanian Si iS, SP, Kadis Perhubungan M.Jhoni, Kalakda BPBD Armen, AP, Sekretaris Kesehatan Zulhendri, Sekretaris DPMN Ricky Carnova, Sekretaris Kominfo Syafriwal, Kabag Kesra Zaitul Ikhlas, Kabag Umum Indra Mukhsis, Camat X Koto Singkarak Sujamto Amrita, Camat Junjung Siriah Herman, Wali Nagari Koto Sani Riswandi, Wali Nagari Saniang Baka Dasrizal, Wali Muaro Pingai Dodi Hermen, Wali Nagari Paninggahan Yoserizal, Forkopimcam X Koto Singkarak, Forkopimcam Junjung Siriah, Niniak Mamak, Alim Ulama Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Penerima manfaat Bantuan secara simbolis di 4 Nagari.

Khusus di Nagari Koto Sani Bupati Solok juga mendampingi Gubernur Sumbar dalam rangka pengukuhan yayasan waqaf berkah bersama Nagari Koto Sani.

Bupati menjelaskan bahwa kunjungan ini dalam rangka menampung aspirasi masyarakat di semua Nagari serta menegaskan bahwa kondisi Kabupaten Solok dalam keadaan Kondusif tidak seperti berita yang beredar di masyarakat maupun di medsos.

Serta dalam rangka penyerahan secara simbolis bantuan Beras kepada KPM ,PKH dan BPNT (Sembako dan BST) yang yang bersumber dari cadangan beras pemerintah (CBP) Kementerian Sosial  RI.

Di setiap nagari yang dikunjungi bupati selalu membuka sesi tanya jawab dengan masyarakat,hal ini dilakukan agar masyarakat bisa menyampaikan aspirasi nya secara langsung dan bupati juga meminta masyarakat untuk mengingatkan tentang janji-janji beliau sewaktu masa pilkada yang lalu.

BACA JUGA : 

Wali Nagari Saniang Baka Dasrizal dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada Bupati bersama rombongan yang telah bersedia hadir di Nagar Saniang Baka.

Dasrizal menjelaskan masyarakat Nagari Saniang baka telah melupakan semua perbedaan yang timbul pasca pilkada yang lalu.

Saat ini, masyarakat Nagari Saniang Baka mempunyai luas lahan +- 452 hektar, namun “kami kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubdi,” terang Dasrizal.

Untuk kedepan, “Kami atas nama masyarakat Nagari  Saniang Baka siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Solok,” ujarnya.

Dasrizal menerangkan untuk penerima manfaat di Nagari Saniang Baka sebanyak 333 KK dengan rincian penerima PKH 145 orang, BST 150 orang dan BPNT sebanyak 38 orang.

Wali Nagari Paninggahan Yoserizal dalam sambutannya menerangkan yang hadir saat ini bukan hanya Penerima manfaat tetapi juga ada tokoh masyarakat Nagari Paninggahan, itu artinya menandakan masyarakat Nagari Paninggahan sangat rindu dengan kedatangan Bupati, ujarnya.

“Beberapa waktu yang lalu kami sudah membagikan beras ini 3 hari berturut – turut yang didampingi oleh DTKS, maupun dari kecamatan,” ujar Yoserizal.

Kami berharap bantuan dari pemerintah kabupaten Solok seperti bantuan akses jalan di beberapa jorong dan Pengadaan Air bersih di Nagari Paninggahan.

Wali Muaro Pingai Dodi Hermen dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada Bupati Solok bersama rombongan di Nagari Pingai.

Dodi menjelaskan, bahwa di Nagari Pingai jumlah bantuan BST 100,namun yang tinggal saatnya ini 60, PKH 88 orang, BPNT 125 KPM.

“ Kami berharap bantuan akses jalan dan air bersih di Nagari Kami,” pintanya.

Wali Nagari Koto Sani Riswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan suatu kehormatan pada masyarakat koto sani dihadiri dua Kepala Daerah sekaligus.

BACA JUGA :  Pj Bupati Solok Lakukan Monev Penanganan CoVID-19 di Kecamatan Junjung Sirih

Ia mengatakan, bahwa masyarakat koto sani mendukung program yayasan waqaf berkah bersama ini, baik yang dirantau maupun yang ada di kampung.

“Berharap bimbingan dan bantuan dari  Bupati Solok kepada nagari kami,  Nagari Koto Sani terdiri dari 4 Jorong dengan jumlah penduduk 9000 jiwa dengan mata pencarian pertanian, perdagangan dan perikanan,” terang Riswandi.

Sekaligus disampaikan, untuk pembenahan pemerintah daerah terhadap wisata air panas yang ada di Nagari Koto Sani.

Bupati Solok H.Epyardi Asda,M,Mar dalam sambutannya mengatakan,”Hari ini saya mengunjungi beberapa Nagari di kecamatan X koto singkarak dan Kecamatan Junjung Siriah disamping untuk menyerahkan bantuan Secara simbolis dari kementerian sosial RI juga dalam rangka menyerap / menampung aspirasi masyarakat di Semua Nagari,” terangnya.

Adapun tujuan ini adalah ingin menyampaikan dan menegaskan kepada masyarakat bahwa kondisi Kabupaten Solok dalam keadaan Kondusif serta semua program pemerintah berjalan dengan baik dan  tidak seperti berita yang beredar di masyarakat maupun di medsos, yang menyatakan pemerintahan kabupaten solok akan terganggu dengan peristiwa dan intrik-intrik yang terjadi beberapa waktu yang lalu di kabupaten solok.

“Mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya/terpengaruh oleh isu-isu maupun berita yang beredar di masyarakat maupun media sosial,” terang Bupati.

Dan, kepada wali nagari dan masyarakat tolong ingatkan saya akan janji-janji saya sewaktu pilkada, karena bagi saya janji adalah hutang yang harus ditepati.

Saat ini, anggaran Pemerintah Kabupaten Solok adalah anggaran yang berbasis kebutuhan rakyat, yang artinya setiap sen anggaran itu akan kita pergunakan untuk kepentingan rakyat .

“ Saat ini ada 4 program utama Pemerintah Solok yaitu infrastruktur,Pertanian,UKM dan peningkatan Pariwisata, kita akan melakukan perubahan anggran, untuk itu diminta kepada masyarakat untuk berpartisipasi menyampaikan usulan pembangunan di nagarinya melalui Musrenbang Nagari,” terang Bupati.

BACA JUGA :  Pemkab Solok Tandatangani Nota Kesepakatan dengan Balitbu Tropika dan BPTP Sumbar

Saya mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat kab solok,mari kita bersatu dalam membangun kab solok, mari kita hilangkan perbedaan pada saat pilkada kemaren dengan prinsip “biduak lalu kiambang batauik” tidak ada lagi 01, 02, 03 maupun 04, tetapi kita adalah satu tujuan untuk membangun Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik di Sumbar.

Bantuan yang saya serahkan ini adalah berasal dari presiden RI melaui kementerian Sosial,yang mana data penerima manfaat berasal dari DTKS, (data terpadu kesejahteraan sosial).

Kepada penerima manfaat untuk dapat mempergunakan bantuan ini dengan sebaik baiknya,bila masih ada yang membutuhkan tetapi belum dapat, silahkan para wali nagari untuk mendata kembali dan diusulkan kepada dinas sosial untuk ditambah.

Untuk semua aspirasi dari masing – masing wali nagari maupun masyarakat akan kita tindak lanjuti kalau memang sesuai dengan kebutuhan dan anggarannya tersedia akan kita realisasikan,kalau tidak bisa secara keseluruhan akan kita penuhi secara bertahap.Untuk itulah pada kesempatan ini saya sengaja membawa banyak kepala SKPD agar mereka bisa mencatat semua Aspirasi yang disampaikan masyarakat sesuai dengan bidang mereka masing-masing.

Selanjutnya Bupati Solok didampingi beberapa kepala SKPD yang hadir beserta camat dan wali nagari menyerahkan bantuan PKM,PKH,BPNT dan BST secara simbolis kepada kelaurga penerima manfaat di Nagari saniang Baka , Nagari Paninggahan dan Nagari Muaro Pingai.(d79/rls)