Serap Aspirasi Masyarakat, Bupati Solok Kunjungi Empat Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak

225

| padangexpo.com

Bupati Solok H.Epyardi Asda mengunjungi beberapa Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak diantaranya di Nagari Kacang, Nagari Tikalak, Nagari Singkarak dan Nagari Sumani, Senin, 23 Agustus 2021.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Bupati Solok H.Epyardi Asda,M,Mar, Plt Kadis Sosial Ir.Soufitri, Kadis DPRKPP Efia Vivi Fortuna, Kadis  Ketahanan Pangan Admaizon, Kadis Pertanian Si, Is, SP, Sekretaris DPMN Ricky Carnova, Sekretaris Kominfo Syafriwal, Kabag Kesra Zaitul Ikhlas, Kabag Umum Indra Mukhsis, Camat X Koto Singkarak Sujamto Amrita, Wali Nagari Kacang Andrian, Wali Nagari Tikalak Joni Martias, Wali Nagari Singkarak Rahman,S.Pd, Wali Nagari Sumani H.Masri Bakar, Forkopimcam X Koto Singkarak, Niniak Mamak, Alim Ulama Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Penerima manfaat Bantuan secara simbolis di 4 Nagari.

Adapun kunjungan ini bertujuan untuk menyerap/menampung aspirasi masyarakat di Semua Nagari serta menegaskan bahwa kondisi Kabupaten Solok dalam keadaan Kondusif tidak seperti berita yang beredar di masyarakat maupun di media sosial.

Sekaligus dalam rangka penyerahan simbolis bantuan Beras kepada KPM, PKH dan BPNT (Sembako dan BST) yang yang bersumber dari cadangan beras pemerintah (CBP) dari kementerian sosial yang mana data penerima manfaat berasal dari DTKS (Data terpadu kesejahteraan Sosial).

Dalam kunjungan pada tiap Nagari, Bupati membuka sesi Tanya jawab dengan masyarakat,hal ini dilakukan agar masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung dan bupati juga meminta masyarakat untuk mengingatkan tentang janji-janji beliau sewaktu masa pilkada yang lalu.

Wali Nagari Kacang Andrian dalam sambutannya mengatakan, “Selamat datang kepada Bupati Solok beserta rombongan di Nagari Kacang”.

Andrian menjelaskan bahwa jumlah penerima manfaat ini adalah sebanyak 122 orang namun dalam penyerahan secara simbolis ini dapat kami hadirkan sebanyak 10 orang, karena mengingat kita masih dalam pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Bupati Solok Buka Bimtek Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemda Kabupaten Solok Tahun 2020

Sedangkan untuk kegiatan pemerintahan yang ada di Nagari dapat terselesaikan dengan baik seperti bedah rumah sebanyak 20 orang penerima manfaat dan juga P3TGAI sudah selesai 100%

“Kami sangat mengharapkan bantuan lainya seperti bantuan untuk pertanian dan pembangunan infrastruktur di Nagari kami,” ujar Andrian.

Wali Nagari Tikalak Joni Martias dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada bupati Solok beserta rombongan di Nagari Tikalak

Joni menjelaskan sesuai data yang ada penerima bantuan KPM  di Nagari Tikalak berjumlah 187 KK dengan rincian Penerima PKH 47 KK, BLT 68 KK ,bersumber dari dana nagari 45 KK, uang tunai 27 KK

“ Kami di Nagari Tikalak masih kesulitan akan air bersih,untuk itu kami mohon kepada bapak bupati untuk dibantu masalah air bersih di nagari kami,” terangnya.

Sedangkan untuk Produk unggulan di nagari Tikalak adalah alpukat,Naga dan pinang,untuk itu kami juga mohon bantuan untuk mewujudkan nagari tikalaj menjadi sentral tanaman buah

Wali Nagari Singkarak Rahman,S.Pd menjelaskan bahwa bantuan sosial beras kepada KPM Berasal dari PKH,BPNT yang mana penerima manfaa berasal dari data DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial), di Nagari Singkarak yang masuk dalam data DTKS ini berjumlah 330 orang ,untuk penerima PKH 78 orang, dan BPNT 20 orang .

“Kami sampaikan disini kepada dinas sosial sekaitan dengan data DTKS, mohon untuk diperbaharui karena data itu sudah tidak valid lagi bahkan ada warga yang sudah meninggal dan orang yang sudah tidak pantas menerima Bantuan masih tercatat dalam data tersebut, terang Rahman.

Wali Nagari Sumani Masri Bakar juga menjelaskan bahwa sebenarnya masyarakat yang mau hadir melebihi dari ini tetapi karena kita masih dalam pandemi covid-19 maka jumlah masyarakat yang hadir tentu dibatasi.

BACA JUGA :  TSR Provinsi Sumbar dan Kabupaten Solok Kunjungi Tiga Lokasi di Kabupaten Solok 

“Dapat kami laporkan perjuangan dari ibuk Athari Gauti Ardi tahun 2020 di nagari sumani dapat Dana 2.615.000.000.terdiri dari program Kotaku 1 milyar, program BSPS 58 unit. Dan selebihnya Program pesew,” terangnya.

Nagari sumani menerima beberapa program dan bantuan dari pemerintah dengan jumlah total penerima manfaat 500 orang.dengan  rincian sebagai berikut : program PKH 172 orang, BST 227 orang, BPNT 101 orang.

Bupati Solok H.Epyardi Asda,M,Mar dalam sambutannya mengatakan,”Hari ini saya mengunjungi beberapa Nagari di kecamatan X koto singkarak disamping menyerahkan bantuan Secara simbolis dari kementerian sosial RI juga dalam rangka menyerap/menampung aspirasi masyarakat di Semua Nagari,” ujarnya.

Adapun tujuannya ingin menyampaikan dan menegaskan kepada masyarakat bahwa kondisi Kabupaten Solok dalam keadaan Kondusif serta semua program pemerintah berjalan dengan baik dan  tidak seperti berita yang beredar di masyarakat maupun di medsos, yang menyatakan pemerintahan kabupaten solok akan terganggu dengan peristiwa dan intrik-intrik yang terjadi beberapa waktu yang lalu di kabupaten solok.

Tidak lupa, Bupati mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya/terpengaruh oleh isu-isu maupun berita yang beredar di masyarakat maupun media sosial. Dan, kepada wali nagari dan masyarakat tolong ingatkan saya akan janji-janji saya sewaktu pilkada, karena bagi saya janji adalah hutang yang harus ditepati.

Bupati juga menjelaskan, bahwa anggaran pemerintah kabupaten solok adalah anggaran berbasis kebutuhan rakyat,yang artinya setiap sen anggaran itu akan kembali kepada rakyat, yang mana ada 4 program utama yaitu infrastruktur, Pertanian,UKM dan peningkatan Pariwisata.

“Kita akan melakukan perubahan anggaran, untuk itu diminta kepada masyarakat agar berpartisipasi menyampaikan usulan pembangunan di Nagarinya melalui musrenbang nanti,” terangnya.

Dalam hal ini Bupati meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat kab solok,mari kita bersatu dalam membangun kab solok, mari kita hilangkan perbedaan pada saat pilkada kemaren dengan prinsip “biduak lalu kiambang batauik” tidak ada lagi 01, 02,03 maupun 04, tetapi kita adalah satu tujuan untuk membangun kab solok menjadi kabupaten terbaik di sumbar.

BACA JUGA :  Pengurus KONI Kabupaten Solok Periode 2020-2024, Dilantik

Bupati mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan ini adalah berasal dari presiden RI melalui kementerian Sosial, yang mana data penerima manfaat berasal dari DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial).

“ Kepada penerima manfaat untuk dapat mempergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, bila masih ada yang membutuhkan tetapi belum dapat, silahkan para wali nagari untuk mendata kembali dan diusulkan kepada dinas sosial untuk ditambah

Untuk semua aspirasi dari wali nagari maupun masyarakat akan kita tindak lanjuti kalau memang sesuai dengan kebutuhan dan anggarannya tersedia akan kita realisasikan,kalau tidak bisa secara keseluruhan akan kita penuhi secara bertahap.

Selanjutnya bupati solok didampingi beberapa kepala SKPD yang hadir beserta camat dan wali nagari menyerahkan bantuan PKM,PKH,BPNT dan BST secara simbolis kepada kelaurga penerima manfaat di Nagari Kacang, Tikalak, Singkarak dan Sumani.(d79/rls)