Hadiri Pisah Sambut Kepala BPTP Sumbar, Bupati Epyardi Asda : Semoga Terus Berbakti Untuk Sumbar Khususnya Kabupaten Solok

187

| padangexpo.com

Bupati Solok H. Epyardi Asda M. Mar hadiri pisah sambut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumbar di Jorong Sukarami, Nagari Koto Gaek Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis 23 September 2021.

Hadir dalam acara pisah sambut tersebut Bupati Solok H. Epyardi Asda M. Mar, Kepala Badan Litbang Pertanian diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Taman Pangan Dr.Ir.Priyatna Sasmita, M.Si, Kepala BPTP Sumbar yang lama Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, Kepala BPTP yang baru Dr. Rustam, SP, M.Si, Kepala Balitbu yang lama dan baru, Kapolres Solok diwakili, Dinas Pertanian diwakili Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Solok Miharta Maria.

Dalam sambutan mantan Kepala BPTP Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Bupati Solok H. Epyardi Asda yang telah berkenan hadir dalam acara pisah sambut ini. Ia mengatakan bahwa dirinya akan segera dipindah ke BPTP Jawa Tengah dan kepada seluruh pegawai / karyawan,”Saya mengucapkan terima kasih atas komitmen dan bantuan, baik untuk institusi maupun pribadi,” ucapnya.

Ia berharap semoga Kepala BPTP Sumbar yang baru bisa bekerjasama dengan para stakeholder demi mewujudkan visi dan misi program BPTP Sumbar.

“Semua capaian kinerja di BPTP bukan hanya dari pimpinan tetapi dari komponen karyawan BPTP Sumbar,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan merasa yakin nantinya dibawah kepemimpinan Rustam selaku Kepala BPTP Sumbar yang baru dapat mengembangkan visi dan misi dari BPTP Sumbar.

Diketahui, Dr. Rustam, SP, M. Si sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPTP Jambi.

“Alhamduillah Kabupaten Solok mempunyai keunggulan pada bidang Pertanian yaitu Bareh (Beras.red) Solok dan bawang merah, hal ini merupakan tantangan besar bagi kami BPTP Sumbar membantu mewujudkan visi dari Bupati untuk mambangkik batang tarandam,” terangnya.

BACA JUGA :  Dalam Rangka Kunjungan Kerja, Bupati Solok H.Gusmal Sambut Kedatangan Kepala Kejati Sumbar

Rustam juga menyampaikan bahwa ada 3 Kepala Daerah di Sumbar yang fokus pada pertanian seperti Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sehingga pekerjaan ini sangat menantang untuk BPTP Sumbar, yang tentunya akan melanjutkan visi dan misi dari Kepala BPTP sebelumnya Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP.

“Mari bersama-sama membangun Kabupaten Solok dan Sumatera Barat dalam sektor pertanian,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Solok H. Epyardi Asda M. Mar mengucapkan selamat kepada Dr. Rustam, SP, M. Si sebagai Kepala BPTP Sumbar yang baru.

Dalam hal ini, Bupati berharap semoga dapat berbakti untuk masyarakat Sumatera Barat dan khususnya Kabupaten Solok agar dapat membantu Kabupaten Solok yang sudah ternama sebagai penghasil Bareh Solok.

“Sangat bangga dengan BPTP, karena pertanian adalah goal nya Pemkab Solok, oleh karena itu sangat senang bisa bekerja sama dengan BPTP Sumbar,” terang Bupati.

Seperti visi dan misi Bupati yang pada dasarnya untuk membangkitkan sektor di Bidang Pertanian yang ada di Kabupaten Solok melalui bareh solok, bawang merah dan buah.

Bupati menyadari bahwa Kabupaten Solok masuk kategori tiga terbelakang, hal ini merupakan tantangan yang cukup berat dan luar biasa bagi Pemda, ini akan dihadapi sehingga Kabupaten Solok bisa maju dan menjadi Kabupaten terbaik di Sumatera Barat.

Bupati berharap, melalui Kepala BPTP Sumbar yang baru dapat membantu dan memperhatikan Kabupaten Solok agar dapat bantuan dari Pusat.

Saat ini Kabupaten Solok membutuhkan bantuan bibit unggul yang akan dikembangkan,”Saya siap bertanggung jawab bahwa pemda siap mengelola dan menjadikan bibit untuk di budidaya,” ujar Bupati.

Saat ini, Kabupaten Solok telah bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru untuk menjual sayuran serta beras solok ke Pekanbaru. Untuk unggulan beras varietas Cisokan dan Anak Daro.

BACA JUGA :  TSR Kabupaten Solok Kunjungi Nagari Simanau, Wabup Jon F Pandu : Pemuda Harus Bangkit Membangun Daerah

“Kami sudah bekerjasama dengan food station di jakarta yang siap menampung beras solok dengan kualitas asli,” tukuk Bupati.

Dengan mantap Bupati mengatakan bahwa Solok siap menjadi lumbung pangan,” Insha Allah Kabupaten Solok akan bangkit dalam sektor pertanian nantinya,”.

Tidak lupa juga Bupati berpesan kepada BPTP Sumatera Barat agar dapat berbagi ilmu cara mengolah dan membuat kompos untuk masyarakat.

Menegaskan, bahwa saat ini Bupati Solok mencari orang yang mau dan mengerti serta berpotensi memajukan kabupaten Solok pada sektor Pertanian dan Pariwisata untuk menjadi kepala dinas tersebut.

Kepala Badan Litbang Pertanian diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan taman pangan Dr. Ir. Priyatna Sasmita, M. Si dalam sambutannya mengatakan ,”Apresiasi sebesar-besarnya dan selamat bertugas kepada pak Wahyu di tempat yang baru dan kepada pak Rustam selamat bertugas di BPTP Sumbar,” ucapnya.

Priyatna menjelaskan bahwa Kabupaten Solok saat ini merupakan sentra pertanian, sehingga BPTP Sumbar memiliki peran yang strategis dalam mencarikan solusi dan inovasi sehingga dapat menjadikan pertanian yang modern di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Solok.

“Tentu saja, dalam hal ini Litbang sangat mendukung kabupaten solok dalam memajukan sentra pertanian di Kabupaten Solok melalui BPTP Sumbar,” ujar Priyatna.

Ia juga berharap kepada BPTP Sumbar yang baru, agar dapat memperhatikan dan menyikapi program dari sektor pertanian Pemkab Solok.

Usai pelaksanaan acara pisah sambut, Bupati Solok bersama Dinas Pertanian Kabupaten Solok menyerahkan Cinderamata kepada Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP sebagai bentuk apresiasi selama menjabat sebagai Kepala BPTP Sumbar dan dilanjutkan melihat produk yang di produksi oleh BPTP Sumatera Barat. (d79)