Pasca Ditahan KPK, Azis Syamsuddin Mundur Sebagai Wakil Ketua DPR

83

| padangexpo.com

Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengatakan Azis Syamsuddin sudah menyampaikan pengunduran diri sebagai Wakil Ketua DPR. Surat tersebut disampaikan kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Azis Syamsuddin didesak mundur sebagai Wakil Ketua DPR. Jika tidak bersedia mundur maka ia akan segera diganti, sebab posisi Wakil Ketua DPR merupakan jatah Golkar.

Pengawas Bakumham DPP Golkar Muslim Jaya Butarbutar kepada wartawan menjelaskan,” Jika tidak bersedia mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPR, Golkar akan menggantikan beliau sebagai Wakil Ketua DPR,” terangnya, Sabtu 25 September 2021.

Dalam hal ini Muslim mengatakan bahwa alasan pencopotan Azis jika tidak bersedia mundur akan mengganggu kinerja DPR.

“Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kinerja DPR di bidang Polhukam (politik hukum dan keamanan), karena itu jatah Golkar, dan menjaga marwah DPR juga sebagai lembaga wakil rakyat,” ujarnya.

Terkait siapa yang nantinya akan menggantikan, Muslim menjelaskan belum tahu siapa yang akan menggantikan, wewenang ini diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Saat ini Pak Airlangga Hartarto belum memikirkan siapa nanti yang akan menggantikan, mungkin dalam beberapa waktu ke depan. Saya yakin DPP akan ambil sikap resmi terkait pengganti beliau,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK setelah penjemputan paksa beberapa waktu lalu.

Ia menjadi tersangka kasus korupsi atas pemberian suap kepada eks penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dalam kasus Lampung Tengah. (Del)

BACA JUGA :