DPRD Solsel Bersama Perwakilan Ombudsman RI Sumbar Gelar Pertemuan Terkait Pengawasan Pelayanan Publik

32

I padangexpo.com

Pertemuan Yang digelar di Ruang Kerja Ketua DPRD kabupaten Solok Selatan bersama perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sumatra barat Membahas hal terkait dengan Pengawasan Pelayanan Publik, Kamis (7/10/21).

“Jika kita berharap pelayanan publik semakin hari semakin baik maka pengawasan akan menjadi hal yang penting dalam melaksanakan pelayanan publik tersebut”, ujar ketua DPRD Zigo Rolanda SE.

Dalam UU pelayanan publik eksternal yang terdiri dari masyarakat, Ombudsman, DPR RI, DPR provinsi, dan DPRD
Kabupaten/kota, jika leading sektor pengawasan eksternal ini berjalan secara sinergi maka pelayanan publik berkualitas dan prima bisa dengan mudah bisa kita wujudkan bersama.

Dan untuk kabupaten Solok Selatan sendiri menurut Ketua DPRD Zigo Rolanda, “Jika kita berharap pelayanan publik semakin hari semakin baik  maka pengawasan akan menjadi hal yang penting dalam melaksanakan pelayanan publik tersebut”, ujar ketua DPRD Zigo Rolanda SE.

” Dan Ketua DPRD berharap pada masyarakat yang juga memiliki peran penting dengan penyelenggaran pelayanan publik ini agar bersinergi, sebab masyarakat adalah bagian dari pengawasan eksternal, untuk
itu masyarakat diharapkan lebih kooperatif dengan penyelanggara pengawasan dengan menyampaikan pengaduan atau laporan kepada pihak penyelenggara ataupu pihak Ombudsman”, tambah Ketua DPRD.

Proses pelibatan masyarakat ini menjadi penting sehingga dalam penyusunan dan penetapan standar pelayanan dapat memperhatikan kemampuan penyelenggara, kebutuhan masyarakat, dan kondisi lingkungan.

Hal ini tentunya sejalan dengan semangat berdemokrasi, salah satunya dengan melibatkan masyarakat dalam proses penyusunan kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Untuk itu peran pengawasan internal dan eksternal harus berjalan secara optimal demi mewujudkan pelayanan prima yang berdampak pada terciptanya kesejahteraan masyarakat. (syahril)

BACA JUGA :  Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal, Tegaskan Para Guru Dilarang Ikut Berpolitik dan Masuk Dalam WhatsApp Group Paslon