Kejari Solsel Kembali Antarkan OKBER DONDA (OD) ke Rutan Kelas 2 Muara Labuh

124

| padangexpo.com (Solsel)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) kembali mengantarkan OKBER DONDA (OD) terdakwa tindak pidana pencurian dalam keadaan memberatkan yang telah di Vonis bebas oleh Pengadilan negeri koto Baru beberapa waktu lalu.

Kajari Solsel Muhammad Bardan mengatakan di tingkat Kasasi, Terdakwa OD di Putus oleh Mahkamah Agung dengan Nomor Putusan 855 K/Pid/2021 yang membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Koto Baru Nomor 54/Pid.B/2021/PN Kbr Tanggal 10 Mei 2021.

“Putusan Mahkamah agung menyatakan Terdakwa OKBER DONDA terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana Pencurian dalam Keadaan Memberatkan sebagaimana dakwaan ketiga Penuntut Umum Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP dan di pidana dengan pidana penjara 4 (empat) bulan dan 7 (tujuh) hari”, kata Muhammad Bardan.

Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung tersebut imbuhnya, maka Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Solok Selatan segera melakukan eksekusi terhadap Terdakwa sesuai dengan Putusan Mahkamah Agung Nomor 855 K/Pid/2021 yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht).

“Ya ini terkait sembako, pada hari ini Rabu, tanggal 27 Oktober 2021 terdakwa telah di eksekusi dan diantar ke Lembaga pemasyarakatan Muara Labuh”, katanya.

Dia mengungkapkan Terdakwa OD didakwa dengan dakwaan alternatif, yaitu dakwaan kesatu melanggar Pasal 368 ayat (1) KUHP, atau dakwaan kedua melanggar Pasal 365 ayat (1) KUHP, atau dakwaan ketiga Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP, atau dakwaan keempat melanggar Pasal 362 KUHP.

Kemudian imbuhnya, Terdakwa OD dituntut oleh Penuntut Umum bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana “Pencurian dalam keadaan memberatkan” sebagaimana dalam dakwaan ketiga Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP dengan pidana penjara selama 6 (enam) bulan.

Pada Tanggal 10 Mei 2021, Terdakwa Okber Donda di putus Pengadilan Negeri Koto Baru dengan Nomor Putusan 54/Pid.B/2021/PN Kbr Tanggal 10 Mei 2021 yang menyatakan Terdakwa tidak terbukti bersalah dan memerintahkan Terdakwa untuk dibebaskan dari Tahanan.

BACA JUGA :  Peralatan Medis Banyak yang Kurang, Peresmian RS Pratama Solsel Terkesan Dipaksakan

“Atas Putusan Pengadilan Negeri Koto Baru tersebut, Penuntut Umum mengajukan upaya hukum Kasasi tanggal 24 Mei 2021”, katanya.(syahril)