Percepat Penerapan BLUD Puskesmas, Dinkes Agam Kaji Banding ke Dinkes Sijunjung

197

| padangexpo.com (Agam)

Guna percepatan penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas, Dinkes Agam lakukan kaji Banding ke Dinkes Sijunjung, Selasa 23 November 2021.

Dalam kaji banding tersebut Kepala Dinas Kesehatan Agam dr. Hendri Rusdian, M.Kes yang bertindak selaku ketua rombongan membawa sejumlah pejabat di lingkungan Dinkes Agam, Kabid, Kasi serta 23 Kepala Puskesmas beserta Ka TU Puskesmas
Drg Ezwandra, M.Sc Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung beserta pejabat lainnya menyambut kedatangan rombongan kaji banding Dinkes Agam di Puskesmas Gambok yang berdekatan dengan Kantor Dinkes Sijunjung.

Ezwandra merasa senang dan bahagia bisa berjumpa dengan kawan-kawan dari Dinkes Agam, disamping kaji banding yang lebih penting terjalinnya silaturrahmi dua Dinas Kesehatan di Sumatera Barat yaitu Sijunjung dan Agam.

Dalam pemaparan Kadis Sijunjung mengatakan bahwa BLUD Puskesmas di Kabupaten Sijunjung sudah dimulai sejak tahun 2016 pada 13 Puskesmas, dengan penerapan BLUD ini telah memberikan manfaat yang besar bagi Puskesmas terutama dalam peningkatan pelayanan, karena dengan penerapan BLUD ini Puskesmas diberi kesempatan untuk mengelola sendiri penghasilan Puskesmas yang berasal dari retribusi pelayanan.

“Puskesmas bisa membelanjakan langsung penghasilannya untuk membeli kebutuhan Puskesmas guna menunjang pelayanan, seperti pembelian obat-obatan, oksigen, bahan medis habis pakai, alkes, dan kebutuhan sarana prasarana lainnya jadi Puskesmas tidak ada lagi mengeluh kekurangan disana sini ungkap,” Ezwandra.

Disamping itu BLUD Puskesmas diberi kewenangan untuk mengangkat pegawai kontrak BLUD yang digaji dari Penghasilan BLUD Puskesmas itu sendiri.

Sementara itu Kadis Kesehatan Agam, dr. Hendri Rusdian, M.Kes dalam sambutannya mengungkapkan “saat ini Dinkes Agam tengah berproses dalam menyiapkan 23 Puskesmas menuju BLUD, sejumlah dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti Perbup Pola Tata Kelola, Perbup Rencana Bisnis Anggaran, Perbup Renstra, dan Perbup Pola Tarif, sudah disiapkan dan saat ini dokumen BLUD tersebut sedang di koreksi oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab Agam.”

BACA JUGA :  Peringati HKN ke 56, Dalduk KB PP & PA Agam Gelar Baksos MKJP Khusus MOW

“Mudah-mudahan dokumen ini bisa segera tuntas di koreksi oleh Bagian Hukum dan segera kita ajukan kepada Tim Penilai untuk dilakukan penilaian,” ungkap Hendri.

“Penilaian BLUD ini sesuai Permendagri nomor 79 tahun 2018 dilakukan oleh tim yang dibentuk melalui Surat Keputusan Bupati Agam setelah semua persyaratan teknis, substantif dan administratif terpenuhi,” jelas Hendri.

Menurut Hendri, “kaji banding yang dilakukan ini dalam rangka untuk memantapkan persiapan Dinkes Agam dalam menyiapkan Puskesmas menuju BLUD dengan berdiskusi, menelusuri dan memahami dokumen-dokumen BLUD Puskesmas yang sudah dilaksanakan di Puskesmas Gambok Sijunjung.”

Ns.Lidya Irawati, S.Kep Kepala Puskesmas Manggopoh setelah mendengar pemaparan dari Kadis Sijunjung merasa bersemangat dan optimis bahwa PPK BLUD ini bisa di laksanakan di Kab Agam pada tahun 2022. (99 HR)