Malam Resepsi HUT Kota Payakumbuh, Sejumlah ASN Raih Penghargaan Inovasi

264

I padangexpo.com (Payakumbuh)

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke-51 Tahun 2021, dilaksanakan kegiatan Anugerah Inovasi Penyelenggara Pemerintah Daerah dengan 3 Kategori antara lain Perangkat Daerah Terinovasi, Kecamatan Terinovasi, dan Puskesmas Terinovasi, pada malam resepsi di GOR M. Yamin, Jum’at (17/12).

Berbeda di tahun sebelumnya pemberian Anugerah Inovasi tersebut juga menetapkan nominator untuk ASN terinovasi dan inisiator inovasi yang merupakan supporting terhadap penyelenggaraan inovasi di Pemerintah Kota Payakumbuh.

Adapun penilaian Anugerah tersebut ditetapkan oleh Surat Keputusan Wali Kota Payakumbuh Nomor 065.10/607/Wk-Pyk/2021 dengan sistem penilaian yang merujuk kepada Sistem Indeks Inovasi Nasional Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal menyampaikan untuk OPD, Kecamatan, dan Puskesmas jumlah poin inovasi tertinggi sebagai dasar penilaian utama dan ditambah penetapan bobot nilai ketaatan dan kelengkapan dokumen yang selanjutnya menjadi nilai indeks inovasi penyelenggara daerah Kota Payakumbuh.

“Selanjutnya untuk Kategori ASN terinovasi ditetapkan berdasarkan personality dari jumlah usulan inovasi dan total inovasi yang dibuat oleh ASN Kota Payakumbuh. Sedangkan untuk Inisiator dinilai dari intensitas yang diberikan terhadap pengembangan inovasi yang diusulkan inovator,” pungkas Kepala Bappeda Yasrizal.

Disisi lain, Wali Kota Riza Falepi yang menyerahkan penghargaan juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memotivasi semangat berinovasi bagi OPD bahkan ASN terhadap penyelenggaraan proses bisnis organisasinya masing-masing, sehingga mampu mendukung program-program Pemerintah Kota Payakumbuh dalam melayani masyarakat.

Adapun nominator terpilih dalam hal ini sebagai berikut :
Untuk kategori Perangkat Daerah Terinovasi pada sub kategori OPD pemuncaknya Dinas Pertanian, kemudian disusul oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sementara itu pada Sub kategori Kecamatan diraih oleh Kecamatan Payakumbuh Utara, dan pada Sub kategori Puskesmas ada Puskesmas Padang Karambia.

BACA JUGA :  Darurat Narkoba, BNNK Payakumbuh Bersama Pihak Terkait dan Tokoh Masyarakat Gelar Patroli Gabungan

Untuk kategori ASN Terinovator, pemuncaknya Efrianti Harefa dari Dinas Pendidikan, kemudian disusul Robby Hafanos dari Bappeda di posisi kedua, dan eks Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni di posisi ketiga.

Untuk kategori ASN Inisiator Inovasi, pemuncaknya Faisal dari Bappeda, kemudian disusul oleh Dipa Surya Persada dari Disdukcapil, Yuniri Yunirman dari eks Dinas Pertanian, Aldi Kristian dari Kecamatan Payakumbuh Utara, dan Fifella Aziza dari Dinas PUPR.

(NK)