Tingkatkan SDM ASN, Bupati Eka Putra Buka Kegiatan Coaching Penyusunan SKP

140

| padangexpo.com (Pekanbaru)

Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya pejabat pengelola kepegawaian, Pemerintah Daerah melaksanakan Coaching Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, (2/12/2021) bertempat di Aula Hang Tuah Kantor Regional BKN Pekanbaru Riau tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengatakan, “pelaksanaan coaching sejalan dengan Visi dan Misi serta Program Unggulan Pemerintah Tanah Datar 2021-2026.”

“Pelaksanaan kegiatan hari ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah melalui OPD terkait dalam meningkatkan SDM ASN,” ujarnya.

Kemudian Eka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Regional (Kanreg) XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pekanbaru atas dampingan dan fasilitasinya.

“Terima kasih atas dukungan dan pendampingan BKN Kanreg XII BKN Pekanbaru, sehingga Coaching untuk membekali dengan pemahaman yang komprehensif tentang mekanisme penyusunan sasaran kinerja pegawai, bisa dilaksanakan disini,” kata Eka.

Bupati menambahkan, para peserta diharapkan mengikuti dengan serius, agar bisa menyusun langkah untuk mendapatkan SKP yang baik sesuai standar, sehingga proses pengelolaan kepegawaian kedepannya lebih baik dan efektif tercapai.

“SKP menciptakan ASN berkualitas sehingga capaian organisasi atau visi dan misi pemerintah dapat terlaksana dengan baik, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, manfaat serta perilaku yang baik,” ungkap Eka.

Terakhir Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih menjadikan Tanah Datar sebagai pilot proyek pelaksanaan merit sistem.

“Alhamdulillah, Tanah Datar menjadi salah satu kabupaten yang menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi KASN pada 7 Desember mendatang di Surabaya, sekali lagi terima kasih atas dukungan dan bimbingan BKN Kanreg XII Pekanbaru,” tukas Eka.

BACA JUGA :  Dukung Kemajuan Pendidikan, Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Bagi 339 Calon Mahasiswa Kurang Mampu

Sementara itu Kepala BKN Kanreg XII Pekanbaru Neny Rochyany secara virtual menyampaikan permintaan maaf tidak bisa mendampingi langsung karena tugas mendadak ke luar daerah mengatakan selamat datang kepada Bupati dan ASN yang akan lakukan Coaching.

“Atas nama BKN Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih atas dorongan pak Bupati dan OPD terkait untuk pelaksanaan kegiatan ini, karena memang, SKP salah satu langkah untuk meningkatkan manajemen kinerja ASN,” katanya.

Kamreg XII BKN Pekanbaru, tambah Neny, siap mendukung pencapaian peningkatan manajemen kinerja ASN dengan bimbingan dan pendampingan.

Melalui bimbingan disini, diharapkan SKP bisa berkorelasi dengan pelayanan publik sehingga ASN sebagai pelayan masyarakat memang dirasakan langsung kehadiran dan manfaatnya bagi masyarakat.

Di kesempatan sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jasrinaldi menyampaikan Coaching dilaksanakan selama 4 hari dilaksanakan di Kanreg XII BKN Pekanbaru.

“Coaching ini dilaksanakan agar para peserta yang merupakan pengelola kepegawaian di lingkungan Pemerintah Tanah Datar bisa menerima materi, berinteraksi dan konsultasi langsung dengan Kanreg XII BKN Pekanbaru sebagai instansi pembina kepegawaian,” katanya.

Disebutkan Jasrinaldi, dalam percepatan dalam penyusunan SKP dilakukan dengan sistem pendampingan langsung dengan teknik pembagian kelompok kerja.

Dalam acara itu turut dihadiri Inspektur Kabupaten Tanah Datar, Sekretaris Baperlitbang, Sekretaris Dinas Kominfo, Kabag Umum, Kabag Prokopim, Kabid jajaran BKPSDM dan undangan lainnya.(dwi/hms)