Bupati Suhatri Bur Harapkan Sinergitas Dalam Pengembangan Ekonomi dan Kesejahteraan Umat Saat Menghadiri HUT BAZNAS ke 21

103

| padangexpo.com (Pariaman)

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan lembaga pemerintah non struktural, yang dimandatkan oleh Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Nasional. Disitu dijelaskan bahwa, BAZNAS memiliki tugas pokok dan fungsi untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraaan masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E.,M.M. pada saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke 21 BAZNAS yang jatuh pada 17 Januari lalu. Acara yang sekaligus penganugerahan Penghargaan Zakat tahun 2022 itu, berlangsung di Gedung Saiyo Sakato Jl. M. Syafei Pariaman, pada Kamis (20/1)

Dalam sambutannya, Bupati Padang Pariaman mengatakan. Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada jajaran BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman. Karena melalui kerjasama yang baik dan berkolaborasi dengan OPD terkait, telah bisa berbicara di tingkat Nasional. Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya Bupati Padang Pariaman meraih Zakat Award, untuk kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Kabupaten Padang Pariaman satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang meraih anugerah itu dan untuk seluruh Indonesia hanya diberikan kepada 10 Kabupaten dan 5 Kota.

“Seiring dengan bertambahnya umur, diharapkan BAZNAS dapat melaksanakan kewajiban dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga BAZNAS semakin kokoh sebagai lembaga utama yang menyejahterakan umat. Terutama dalam menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat, dimana pengurus UPZ dapat merangkul, mengajak dan menghimbau para muzakki di lingkungan sekitar UPZ untuk mengeluarkan zakatnya,” ungkapnya.

Bupati yang juga pernah menjabat sabagai Ketua BAZNAS Padang Pariaman ini, melanjutkan. Berkaitan dengan tugas pokok tersebut, BAZNAS Padang Pariaman telah banyak berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman dengan berbagai macam program unggulan. Diantaranya, Program beasiswa berprestasi, Program bantuan rumah tidak layak huni, Program bantuan biaya berobat, Bantuan modal usaha, serta Bantuan untuk bidang keagamaan.

BACA JUGA :  Terpilih Sebagai Pilot Project GKSTTB, Nagari Tandikek Selatan dikunjungi TP-PKK dan Dinkes Provinsi Sumbar

“Semoga BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman semakin eksis, serta mampu membangun sinergisitas dengan program-program Pemerintah Daerah. Seperti, pemulihan sektor Ekonomi pasca Pandemi Covid-19, Bidang Kesehatan, Pendidikan, Kemanusiaan dan Kebencanaan serta Pembangunan bidang Dakwah dan Advokasi tentang zakat kepada seluruh lapisan masyarakat,” tutupnya.

Dalam laporannya, Ketua BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmad Tk. Sulaiman, MM menyebutkan. Bahwasanya indeks grafik zakat terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada bulan Juli 2020 perhimpunan zakat berada di angka Rp. 6,9 Milyar. Sedangkan pada tahun 2021 menurut update terakhir berada di angka Rp. 8,2 Milyar.

“Insya Allah di tahun 2022, kita targetkan untuk menyentuh angka Rp. 10,2 Milyar. Kita terus berikhtiar untuk mewujudkan ini” ujarnya.

Tk. Rahmad mengatakan, ia beserta jajaran terus melakukan upaya untuk meningkatkan kepercayaan muzakki. Dengan terus berbenah dan meningkatkan layanan dan melaunching aplikasi-aplikasi yang sengaja dirancang untuk memudahkan muzakki dalam membayarkan zakatnya.

Turut dihadir dalam Penganugrahan itu, Bupati Padang Pariaman 2 Periode (2010-2020) Drs. H. Ali Mukhni, Ketua DPRD Padang Pariaman Ir. H. Arwinsyah, MT, Wakapolres Padang Pariaman Kompol. Alfias Marzuki, mewakili Dandim 0308 Pariaman, Iptu. Anasrul dari Polres Pariaman, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldy Rilis, S. STP, MM, Kepala Kantor Kemenag H. Syafrizal, S. Ag, Kepala Dinas Kesehatan Drs. Yutiardi Rivai, Apt, Direktur RSUD Padang Pariaman dr. Jasneli, MARS. Kepala SMP se Kabupaten Padang Pariaman dan Bendaharawan Gaji se Kabupaten Padang Pariaman selaku Amil Zakat.

Dalam penganugerahan tersebut, ada beberapa kategori penghargaan yaitu Tokoh Penggerak Zakat kategori Inisiator Zakat Padang Pariaman diberikan kepada Drs. H. Ali Mukhni. Kemudian, kategori Bapak Amil Zakat Padang Pariaman Drs. H.Ahmad Syukri, MM, Suhatri Bur, SE, MM dan Syamsuardi Surma, S.Sos.

BACA JUGA :  Pimpin Rapat Evaluasi, Ketua TP. PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur Serahkan Hadiah Pemenang Surau Berkah

Selanjutnya, Kategori Pengumpul Terbaik di lingkungan OPD se Kabupaten Padang Pariaman, yaitu Bendahara Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Bendahara SMPN 1 Kecamatan Sintuak Toboh Gadang sebagai Pengumpul Terbaik di lingkungan SMP se Kabupaten Padang Pariaman dan Bendahara KSPW Batang Anai sebagai Pengumpul Terbaik di lingkungan KSPW se Kabupaten Padang Pariaman.

Selanjutnya, UPZ Nagari Pungguang Kasiak Lubuk  Alung, UPZ Nagari Sintuak, dan UPZ Nagari Toboh Gadang berhasil meraih penghargaan sebagai UPZ Terbaik se Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara itu, peraih penghargaan kategori Muzakki Perantau luar daerah adalah H. Auang, H. Lawanis, H. Ramal Saleh, Drs. Zulkaham, M. Pd. dan untuk Muzakki lokal adalah Alam Syahri, SE. Kemudian, Husni Tamrin Tk Labai Sinaro, S.Pd. I sebagai tokoh masyarakat penggerak zakat dan Trisma Yeni sebagai Relawan Pengumpul Zakat.

Kategori pengelola kotak infaq terbaik se Kabupaten Padang Pariaman, berhasil diraih oleh Swalayan Saga Sicincin dan Swalayan Lubuk Alung. Kemudian, Penghargaan atas kerjasama dalam partisipasi pelaksanaan pengumpulan sedekah bencana untuk korban Semeru Lumajang, diraih oleh HMI Komisariat STKIP YDB Lubuk Alung.

Acara peringatan Hari Ulang Tahun BAZNAS ke 21 ini, juga dimeriahkan dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Padang. Untuk selanjutnya diberikan kepada Bupati dan disaksikan oleh anggota Forkopimda serta undangan lainnya. (Ali/Rls)