Cegah Merebaknya DBD di Agam, Dinkes Lakukan Fogging di Lingkungan Asrama Polres Agam

125

I padangexpo.com (Agam)

Guna mencegah merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Ibukota Kab Agam Lubuk Basung, Dinas Kesehatan lakukan pengasapan (Fogging) di lingkungan perumahan Asrama Polres Agam, Selasa 18/1.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kab Agam, dr. H. Hendri Rusdian, M.Kes, yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, dilakukannya fogging ini menyusul adanya 2 kasus DBD yang menyerang warga Asrama Polres yang saat ini masih dalam perawatan medis. Adapun pelaksanaan fogging kali ini telah memenuhi beberapa syarat, terlebih dahulu melalui kegiatan Penyelidikan Epidemiologi (PE) yang dilakukan oleh Tim Surveilans Puskesmas Lubuk Basung.

“Tren kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kab Agam khususnya di Kecamatan Lubuk Basung dilaporkan terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Bidang P2P Dinkes Agam sejak November 21 sampai minggu ke 2 Januari sudah tercatat 15 kasus DBD dengan 1 orang meninggal,” tegas Hendri.

Menurut Hendri, 15 warga Lubuk Basung yang terjangkit DBD saat ini tersebar antara lain kawasan Ujung Labuah Surabayo, Asrama Polres Agam, Sangkir dan Batu Palano Jorong Balai Ahad.

Hendri menjelaskan bahwa saat ini merupakan masa penularan penyakit Deman Dengue, mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi, dimana tempat penampungan air akan menjadi sarang utama bagi perkembang biakan nyamuk aedes aegpty, sehingga masyarakat tetap perlu waspada dan mengambil upaya pencegahan dengan melakukan 3M, yakni menguras tempat penampungan air, menutup kolam atau wadah penampungan air dan mengubur barang bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Hendri menghimbau agar masyarakat meningkatkan Kewaspadaan dikarenakan kemungkinan perkembangbiakan nyamuk akan meningkat terutama di saat musim hujan sekarang ini, sehingga sering menyebabkan terjadinya peningkatan kasus Demam berdarah Dengue (DBD). Mari kita sama-sama lakukan 3M agar lingkungan dan keluarga kita bisa terhindar dari bahaya DBD. (99 HR)

BACA JUGA :  KPU Agam Gelar Deklarasi Tertutup Pilkada 2020 dengan Damai, Aman dan Sehat