Lapas Narkotika Kelas III Sawahlunto Laksanakan Rehabilitasi Sosial

179

| padangexpo.com (Sawahlunto)

Lapas Narkotika Kelas III Sawahlunto melaksanakan Penutupan Rehabilitasi Sosial Gelombang II tahun 2021 dan Pembukaan Rehabilitasi Sosial Gelombang I tahun 2022 di Aula Lapas, Senin (17/01/2022).

Dihadiri Kepala Lapas Sawahlunto beserta jajarannya dan turut hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kakanwil Kemenkumham Sumatra Barat Muhammad Ali Syekh Banna, Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban dan Tim Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Sumatra Barat, Kementerian Agama Kota Sawahlunto, Puskesmas Kolok Kota Sawahlunto serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti Kegiatan Rehabilitasi Sosial.

Rehabilitasi setiap gelombangnya dilaksanakan selama enam bulan. Pada Rehabilitas Gelombang I tahun ini diikuti 100 orang WBP. Kadivpas Muhammad Ali Syeh Banna memberikan penguatan pada pegawai dan terapi sehat kepada WBP di Masjid Ramadhan Lapas Narkotika Sawahlunto dan memberikan sumbangan Al-Quran yang diterima langsung oleh pengurus Masjid.

Saat memberikan terapi sehat dan pijat refleksi Kadivpas meminta salah satu WBP menjadi peraga dalam pembekalan tersebut dan berpesan kepada seluruh WBP untuk selalu menjaga ketakwaan, menjaga zikir pagi dan petang serta juga menjaga Kesehatan.

“Sehat sampai akhir hayat merupakan dambaan setiap orang selama hidup di dunia. Upaya pemeliharaan kesehatan tak akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap mental dan perilaku. Kondisi kerohanian kita mempunyai pengaruh pada keadaan fisik, demikian pula sebaliknya. Karena manusia merupakan satu kesatuan yang utuh antara jasmani, rohani dan mental yang saling terkait dan tak dapat dipisahkan sehingga apa yang memengaruhi pikiran akan memengaruhi tubuh,” ujar Bapak Kadivpas Muhammad Ali Syekh Banna.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar serta menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran CoVID-19. (RK)

BACA JUGA :  Ketua MPC PP Sawahlunto Serahkan SK Kepengurusan Pada 4 PAC