Pengukuhan Asosiasi UMKM dan Peresmian Tanah Datar UMKM Gallery

678

I padangexpo.com (Tanah Datar)

Pengukuhan Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Naik Kelas Binaan Kadin Cabang Kabupaten Tanah Datar oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatra Barat, sekaligus peresmian Tanah Datar UMKM Gallery oleh ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Sabtu (22/01/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Tanah Datar UMKM Gallery yang beralamat Jl. Raya Batusangkar – Bukittinggi KM.19 Lensa Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung , Tanah Datar. Pengukuhan UMKM sekaligus peresmian Tanah Datar UMKM Gallery dihadiri oleh Ketua Kadin Sumbar, Ketua Dekranasda Kab. Tanah Datar, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Kab. Tanah Datar, Kepala Dinas Koperindagpastam, Dinas Pariwisata, Wali Nagari Salimpaung dan utusan dari UMKM.

Staf Ahli Kabupaten Tanah Datar, Nursiwan, SE. sangat berharap peranan dari para perantau untuk pengembangan UMKM di Tanah Datar dengan membawa karya-karya UMKM sebagai oleh-oleh untuk dibawa kerantau dan mengenalkannya ke masyarakat luar daerah maupun ke mancanegara.

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar, Lise Eka Putra menyampaikan bahwa dengan adanya UMKM bisa membantu perekonomian masyarakat, “Kita berharap mereka bisa lebih terkoordinir dan tergerak dengan sistem yang telah terbentuk maupun dari mereka sendiri, UMKM Naik Kelas bisa membantu ekonomi anggota sendiri dan masyarakat lebih luas serta membantu pariwisata juga,” tuturnya.

Sementara itu Ketua UMK Tanah Datar, Delmawita setelah pengukuhan UMKM ini bisa berpartisipasi aktif mengembangkan UMKM di Tanah Datar dan sangat berharap perhatian dari Pemerintah baik dari segi modal usaha maupun dari segi pelatihan.

Kepala Dinas Koperindagpastam Tanah Datar, Safrizal akan mengusahakan untuk membantu apa yang terkendala untuk pengembangan UMKM. Namun karena kemampuan terbatas jadi belum semua UMKM bisa terbantu.“ kedepannya semoga semua UMKM bisa terbantu dan UMKM serius untuk maju,” tegasnya. (RK)

BACA JUGA :  Pacu Kuda Open Race dan Tradisional 2022 Resmi Dibuka, Bupati Eka : Ini Alek yang Dinantikan, Semoga Berjalan Lancar