Dalam Rangka Jalin KSDD, Bupati Solsel dan Wako Padang Tandatangani Nota Kesepakatan

229

| padangexpo.com (Solok Selatan)

Dalam rangka menjalin Kerja Sama Daerah dengan Daerah Lain (KSDD), Bupati Solok Selatan menyambangi Walikota Padang untuk penandatanganan Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan Pemerintah Kota Padang yang bertempat di Rumah Dinas Walikota Padang, Senin (07/02/2022).

Kerjasama antar daerah ini merupakan usaha bersama Pemkab Solok Selatan, dilakukan terkait penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik di berbagai bidang, diantaranya bidang pertanian, perdagangan, pariwisata, inovasi-inovasi terkait pelayanan publik yang dapat direplikasi pada masing-masing kabupaten/kota.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas dalam sambutannya mengatakan, dengan potensi-potensi yang dimiliki Kota Padang dan Solok Selatan, dikira perlu untuk berkolaborasi dalam kerjasama antar daerah dan dengan koordinasi yang lebih efektif akan memunculkan peluang-peluang kerjasama lainnya sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama yang telah ditandatangani hari ini.

‘’Untuk memajukan Kabupaten Solok Selatan, diperlukan kerjasama yang baik, apalagi dengan Pemerintah Kota Padang yang merupakan Barometer Pemerintahan di Sumatera Barat,’’ tutur Bupati.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa, B.Bus mengungkapkan walaupun Kota Padang sudah berumur ratusan tahun, bukan berarti sudah hebat dalam segala hal, masih perlu kolaborasi dan bekerjasama antar daerah, termasuk dengan Kabupaten Solok Selatan.

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan, Kota Padang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu kota dengan lahan pertanian paling luas di Indonesia, yaitu + 5.200 hektar. Sementara itu, Solok Selatan terkenal dengan pertanian dan perkebunan.

‘’Siapa yg tak kenal dengan sawit dan perkebunan teh di Solok Selatan’’, tutur Hendri.

BACA JUGA :  Banyak Kursi Kosong Dalam Sidang Paripurna DPRD Solok Selatan

Menyinggung nota kesepakatan kedua daerah, Pemerintah Kota Padang sangat terbuka untuk berbagi ilmu dan informasi sebagai tindak lanjut atas penandatangan kerjasama ini.

‘’Insyaallah, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Padang akan melakukan kunjungan balasan,’’ tutupnya.

Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati H. Yulian Efi, Sekdakab Syamsurizaldi, Kepala Bappeda, Kepala BPKD, Kabag Pemerintahan dan Kabag Organisasi Setdakab. (Syahril)