PLN Unit Induk Sumbar Salurkan Bantuan TJSL Pada Masyarakat Tanjung Raya

59

| padangexpo.com (Agam)

PT. PLN Persero Unit Induk Wilayah Sumatera Barat salurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) sebesar Rp. 247 juta, kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam bertempat di Aula SMAN 1 Tanjung Raya, Kamis (12/5).

Penyaluran bantuan dihadiri Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, GM PT PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo, Kepala OPD, Kepala Cabdin Pendidikan Sumbar, Camat Tjg Raya dan jajaran SMAN 1 Tanjung Raya.

GM PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo menyebutkan, bantuan TJSL yang diserahkan itu terdiri dari tiga program dengan totalnya Rp.247 juta.

Ketiga bantuan itu berupa peralatan pendidikan kewirausahaan bagi SMAN 1 Tanjung Raya sebesar Rp.50 juta yang berasal dari PT PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar.

Kemudian bantuan usaha ekonomi produktif kopi sachet Rp.70 juta, dan penampungan sementara sampah 3R Rp. 127 juta yang berasal dari PT PLN Persero UPK Bukittinggi.

Bantuan itu katanya merupakan bentuk sinergitas antara PLN Unit Induk Wilayah Sumbar dengan Unit Induk pembangkitan Sumatera bagian selatan yaitu UPK Bukittinggi.

“Semoga bantuan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Agam khususnya bagi masyarakat Tanjung Raya,” sebut Toni.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman merasa bersyukur, dapat kucuran bantuan program TJSL dari PT PLN Persero UIW Sumbar guna mendorong usaha masyarakat.

“Semoga program ini tidak hanya sekarang, tapi berkelanjutan diwaktu lain dan di kecamatan lain,” ucapnya.

Sebab, saat ini Bupati Agam Andri Warman tengah gencarnya menggaet dana CSR dari perusahaan-perusahaan, dalam mendorong pelaksanaan program Pemda Agam untuk membangun Agam yang lebih maju.

“Kita di Agam ada program pendidikan dan pengembangan UMKM, sehingga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak termasuk perusahaan-perusahaan melalui dana CSR-nya,” kata Andri Warman.

BACA JUGA :  Cegah Berkembang CoVID-19, Polres Agam Semprotkan 41 Ribu Liter Cairan Desinfektan

Dengan begitu, diharapkannya program ini terus berlanjut di Kabupaten Agam, karena akan berikan dampak positif pada masyarakat.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Tanjung Raya, Zulkifli mengatakan, kini pihaknya tengah mengembangkan usaha membatik pada anak didik di sekolah itu.

“Dengan adanya bantuan dari PT PLN Persero Sumbar kami berharap usaha membatik bagi anak didik dapat lebih dikembangkan,” katanya.

Ia optimis dan berjanji akan manfaatkan bantuan yang diberikan PT PLN ini dengan maksimal dalam pengembangan usaha membatik tersebut.

Dilain sisi, Zulkifli juga berharap adanya bantuan beasiswa bagi anak didiknya, karena katanya dari 507 siswa di SMN 1 Tanjung Raya, sekitar 65 persen berasal dari keluarga kurang mampu.

“Selama ini kita membantunya dengan dana sosial tenaga pendidik, maka kita harapkan ke depan ada semacam program beasiswa dari PT. PLN Persero,” harapnya. (99HR)