Didampingi Wabup Sijunjung, Anggota DPRD Sumbar Serahkan Alsintan 

276

| padangexpo.com (Sijunjung)

Sijunjung 30 Mei 2022. Pembagian alat dan mesin pertanian (Alsintan) melalui Anggota DPRD Provinsi H.Daswanto, SE, didampingi Bupati yang diwakili Wakil Bupati H. Iradatillah, S.pt, kadis pertanian, Ir.ronaldi, dan kasi pupuk pestisida dan alsintan, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Barat ucapan ribuan terima kasih Ir. Ronaldi Kadis Pertanian Kabupaten Sijunjung bantuan ini dibagikan usulan kelompok tani Yang ada di kabupaten Sijunjung, yang dibagikan melalui Anggota DPRD provinsi melalui dana aspirasi masyarakat kabupaten Sijunjung di tompangkan di dinas perkebunan tanaman pangan dan holtikultura provinsi Sumatera barat, atas bantuan aspirasi ini, masyarakat Sijunjung terbantu utk sektor pertanian dan perkebunan, ucap Ir. Ronaldi

Bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor roda 4 diserahkan secara simbolis oleh anggota DPRD Sumbar, H. Daswanto, SE kepada dua kelompok tani ,bafifo dan gaboyo, masih ada 36 kelompok tani lagi dan insyaallah teraalisasi sampai bulan juli, di Kantor dinas pertanian kabupaten Sijunjung,

“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan tractor roda 4 yang diberikan anggota DPRD Sumbar H.daswanto.kata Ketua Kelompok bafifo jorong kampung pinang Nagari Mundam Sakti Rusdianto.

Ia mengatakan, bantuan itu sangat bermanfaat bagi anggota kelompok dan akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kedepan, pihaknya berharap bantuan itu setiap tahun diberikan untuk meningkatkan pendapatan anggota.

Sedangkan satu traktor roda 4 untuk kelompok tani gaboyo jorong Bungo pinang Nagari Muaro Bodi

Bupati Sijunjung yang saat itu diwaki Wakil Bupati H. Iradatillah berharap bantuan itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membawa hasil pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Petani diminta merawat Alsintan itu dengan baik, sehingga tahan untuk beberapa tahun kedepan.

“Jaga dan rawat bantuan itu sebaik mungkin agar tujuan dari bantuan akan tercapai,” katanya.

BACA JUGA :  Bupati Sijunjung Resmi Lepas Keberangkatan Sanggar Puti Junjung Dalam Ajang TIFAF 2022 di Kaltim

Sementara H. Daswanto, SE mengatakan dana pokok pikirannya pada 2022 sebesar Rp ±1,8 M. Pengadaan Alsintan berupa traktor roda 4, traktor roda 2, bajak kura kura, cultifator ,alat pemotong rumput,dan handsprayer.

“Bantuan itu saya serahkan untuk Kelompok Tani yang ada di kabupaten SIJUNJUNG,” Kata H.Daswanto, SE

Khusus untuk traktor roda 4 dengan merek iseki, tambahnya bisa digunakan untuk membawa hasil pertanian, mengolah lahan pertanian, membawa pupuk dan lainnya.

Traktor roda 4 dengan harga sekitar Rp 350 juta itu bisa membawa hasil pertanian seberat satu ton.

“Mudah-mudahan bantuan yang kita serahkan bermanfaat bagi petani, sehingga biaya produksi rendah dan pendapatan meningkat,” (wdz)