Qurban di RT 01 Kelurahan Tanah Hitam Jadikan Agenda Tahunan Bagi Warga

127

padangexpo.com (Padang Panjang)

Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena TUHAN mu, dan Berqurbanlah sebagai ibadah, dan sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu, dialah yang terputus dari rahmad ALLAH (QS.AL-KAUTSAR 108).

Suasana Hari Raya Idul Adha adalah hari raya besar bagi umat muslim yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat muslim di manapun mereka berada di seluruh dunia.

Disaat lebaran Idul Adha itu pula umat Muslim saling berbagi, yang pasti adalah berbagi daging qurban kepada masyarakatnya, kegiatan tersebut juga dilakukan oleh warga RT 01 kelurahan Tanah Hitam, kecamatan Padang Panjang Barat, Sabtu 9 Juli 2022. Setelah melakukan shalat Idul Adha.

Warga RT 01 Kelurahan Tanah Hitam yang di nahkodai oleh Syahrul son S,PD sewaktu dikonfirmasi awak media mengatakan, kali ini kita telah mempersiapkan tiga ekor sapi yang kira-kira beratnya atau dagingnya sekitar 110/1 ekor sapi.

Syahrul Son, juga selaku Ketua panitia qurban sangat merasa senang sekali melihat antusiasme warga RT 01 dalam melakukan kegiatan qurban kali ini, sangat terlihat hampir semua warga RT 01 hadir dalam kegiatan penyembelihan hewan qurban tersebut.

Disampaikan saat itu olehnya, kenapa ini dapat kami lakukan di RT 01, karena secara pribadi di RT 1 ini tidak ada yang diistimewakan tetapi semua mendapat perhatian dari kami selaku ketua RT dan juga sebagai panitia qurban, ucapnya,

Setelah melakukan penataan berapa jumlah KK yang ada di RT 01, semua itu mendapat pembagian yang merata untuk pengambilan hewan qurban yang telah disiapkan oleh panitia dalam bungkusan kantong-kantong plastik nantinya

Dan Berikut adalah Nama-nama Peserta Qurban RT 01 Kelurahan Tanah Hitam tahun 2022/1443 Hijriah yaitu :

BACA JUGA :  Ditengah Pandemi CoVID-19, Pemko Padang Panjang Terus Dorong UMKM Untuk Selalu Produktif

Sapi pertama (1). YARNIS, ERNES BEVIN, M.AGUNG, ANISA, SYAFITRI YENI, BETA CAMRILLA, ERMA. Sampai ke dua (2). ESTER EDWAR, SYAHRUL, MASRI EDWAR, NADIA MARDHATILLA, DESRIZON, ERLIS,ERNA WENA. Sapi ke tiga (3). MEGA WATI, WELRIANTO, NURMITA, YENTI, YUHAIDA, RAMADANIS, DEWIRA.

Harapan kita ke depan, tentu kita akan mengupayakan tambahan peserta qurban di warga RT 01 nantinya, agar pembagian daging qurban bagi warga lebih banyak lagi, mungkin ada warga yang hanya menikmati daging sapi itu di saat hari raya qurban saja, ini karena harga sapi di pasaran cukup tinggi, ucap Syahrul Son.

Juga melihat semangat kebersamaan di RT 01 ini di setiap tahunnya selalu meningkat, dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan qurban tidak ada lagi masyarakat yang berpangku tangan, semua mencari tugasnya masing-masing seperti yang sudah diatur dalam rapat-rapat panitia qurban sebelumnya.

Di samping itu kita juga selalu melakukan doa bersama sambil menikmati hidangan hewan kurban yang telah dimasak tadi, dalam doa bersama juga sekaligus menyampaikan kepada masyarakat apa-apa yang akan kita lakukan ke depannya demi untuk meningkatkan amal ibadah nantinya.

Pada waktu yang hampir bersamaan “Masri Edward selaku warga RT 01 kelurahan tanah hitam, sekaligus ketua DPC LPM Padang Panjang Barat, sewaktu diminta tanggapannya oleh Awak Media terkait agenda qurban tahunan yang diselenggarakan oleh RT 01 tersebut.

Beliau juga menjelaskan, dalam rangka merayakan hari Idul Adha 1443 H, warga RT 01 bersepakat dengan ketua RT untuk kembali melaksanakan penyembelihan hewan qurban untuk ketiga kalinya, dan pada tahun ini juga ada tiga sapi qurban yang akan di sembelih, masih sama dengan tahun sebelumnya.

BACA JUGA :  Palanta SMP 82 Berbagi Rezeki di Bulan Suci Ramadhan

Dengan melakukan kegiatan qurban Kemudian ada tetangga yang tidak ikut qurban tetapi perlu juga mendapat bagian dari daging qurban tersebut, inilah yang menarik untuk peserta qurban dengan adanya semangat seperti ini, dengan saling berbagi, ungkapnya

Untuk sekarang itu satu kupon, warga mendapat satu kilo daging tanpa campuran. artinya daging yang bagus, ini daging sapinya per ekor paling kecil 110 kg, dan seluruh warga RT 01 mendapatkan pembagian kopon qurban tanpa ada pengecualian, ungkap Masri.

Artinya masyarakat menyadari bahwa RT beserta tokoh masyarakat saling memperhatikan kebutuhan warganya, dengan adanya pemotongan hewan qurban ini, warga dapat menikmatinya bersama keluarga tercinta, yang mana mungkin ada diantara kita hanya memakan daging dalam kesempatan hari raya idul Adha ini, (YB)