Resmi Tutup APKASI EXPO 2022, Mendag Zulhas : Potensi UMKM Sangat Diandalkan

65

padangexpo.com (Jakarta)

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan resmi menutup Apkasi Otonomi Expo 2022 di Jakarta Conventinon Center (JCC) Senayan, pada Jum’at, (22/7/2022) sore. Dalam sambutanya, Mendag Zulkifli Hasan mengatakan secara nasional potensi usaha nasional menengah, kecil dan mikro (UMKM) sangat diandalkan untuk membangkitkan perekonomian pasca Pandemi CoVID-19.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota selama gelaran Apkasi Otonomi Expo 2022, telah mengembangkan komunikasi intensif dengan kalangan dunia usaha, investor serta peminat pariwisata, untuk mendorong tumbuhnya sektor UMKM ke depan.

“Di bawah tekanan pandemi CoVID-19, ekonomi Indonesia tumbuh diatas 5%. berkat topangan UMKM sekitar 61%. Diharapkan ada kerjasama antara pemerintah daerah dan UMKM. Kalau biasanya Indonesia yang diserbu produk luar negeri, kini saatnya kita yang menyerbu pasar luar negeri dengan produk produk UMKM,” cetus Mendag Zulkifli Hasan.

Selain Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, hadir pada penutupan Apkasi Otonomi Expo 2022, Sekjen Apkasi Adnan Purichta, seluruh dewan pengurus Apkasi 2022, serta perwakilan seluruh Kabupaten se Indonesia.

Dilanjutkan Mendag, petani dan UMKM zaman sekarang harus mempunyai koneksi digitalisasi untuk berinteraksi dengan konsumen. Tentu saja peran kepala daerah, kepala dinas perdagangan sangat penting dalam mengkoordinir dan membina usaha-usah di daerah untuk menggunakan platform digital untuk menarik pasar global.

“Apresiasi kita untuk kepala daerah. Kegiatan seperti ini penting untuk memperkenalkan produk kita. Pameran itu penting. Saya tahun 84 ikut pameran bukan disini lagi tapi di china, 2005 di jerman, untuk mendapatkan data-data buyer dan setelah itu difollow up,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan sembari menutup secara resmi Apkasi Otonomi Expo 2022.

Menyinggung tentang keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di ajang Apkasi Otonomi Expo 2022, Kepala Bagian Tata Pemerintah Setdakab Limapuluh Kota Wiradinata mengungkapkan, melalui event Apkasi Otonomi Expo, diharapkan menghasilkan jejaring untuk pemasaran produk produk UMKM Limapuluh Kota.

BACA JUGA :  PPWI Kota Lhokseumawe Gelar Sekolah Jurnalisme Warga

Jejaring itu bakal berdampak untuk mengangkat potensi ekonomi sejumlah produk dan peluang invetasi serta daya tarik wisata yang ditawarkan Limapuluh Kota kali ini seperti produk Batik Gambir, Bicket Arang, Investasi Pembukaan Lahan Jagung, promosi objek wisata Lembah.

Wiradinata mengungkapkan itu, setelah bertindaks selaku perwakilan Limapuluh Kota pada temu bisnis yang melibatkan pelaku bisnis dengan calon mitra distribusi, calon mitra supplier, calon mitra pendanaan dan juga calon mitra investor, pada Apkasi Otonomi Expo 2022.

“Kita sudah ada komunikasi dengan beberapa pihak sebagai jembatan bagi Limapuluh Kota untuk memperluas cakupan pangsa pasar,” ujar Wira.

Merujuk kepada tema expo “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global, kata dia, “Ibaratnya kita sekarang melempar umpan pancing di sini. Proposal telah kita berikan kepada investor dan pengusaha. Mudah-mudahan ada yang tertarik dan bisa datang kembali untuk ikut investasi dan kerjasama untuk pasarkan produk serta potensi unggulan Limapuluh Kota.” (Ken/rel)