Hindari Kerugian Petani, 1.657 Hektare Lahan Pertanian di Tanah Datar Sudah Diasuransikan

34

I padangexpo.com (Tanah Datar) 

Usaha di sektor pertanian khususnya usaha tani padi dihadapkan pada resiko ketidakpastian yang cukup tinggi, antara lain kegagalan panen yang disebabkan perubahan iklim seperti banjir, kekeringan, serangan hama hingga menyebabkan kerugian pagi para petani.

Untuk menghindarkan dari kerugian tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar saat ini memberikan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) bagi petani secara gratis bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Jasindo.

Asuransi Usaha Tani Padi juga salah satu program unggulan Pemkab Tanah Datar di sektor pertanian.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanah Datar, Wel Embra di Batusangkar mengatakan, hingga Senin, (8/8) jumlah lahan pertanian yang sudah terdata untuk diasuransikan berjumlah 1.657 hektare sawah.

Dengan rincian yang sudah diopload berjumlah 936 hektare, 247 hektare yang sudah disetujui jasindo, 250 hektare menunggu persetujuan dan 439 data verifikasi perbaikan.

“Mudah-mudahan dalam dua minggu kedepan target kita 2000 hektare lahan pertanian ini bisa terealisasi,” kata Wel Embra.

Lebih lanjut, Wel Emra juga menyampaikan melalui petugas di nagari juga melalui penyuluh di kecamatan untuk mengintensifkan agar menyampaikannya informasi tersebut ke masyarakat.

“Mendaftar nya gratis, tanpa diminta biaya sepersen pun. Tapi syaratnya petani harus tergabung dalam kelompok petani,” lanjutnya. (Dwi/Kominfo)

BACA JUGA :  AKBP Ruly Indra Wijayanto Pimpin Upacara Sertijab di Polres Tanah Datar