Buka Pelatihan Kerajinan Kayu, Ini Kata Wali Nagari Tanjung

52

padangexpo.com (Batusangkar – Tanah Datar)

Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar kembali mengadakan pelatihan wirausaha bagi masyarakatnya. Tahun ini tema yang diusung adalah Pelatihan Kerajinan Kayu yang dibiayai oleh Dana Desa.

Seperti yang di sampaikan oleh Faze Andrif, SH dalam kata sambutannya bahwa tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta mensejahterakan masyarakat melalui program pelatihan Wira Usaha Desa.

” Untuk tahun ini, kita kembali menggelar pelatihan wirausaha dengan tema pelatihan kerajinan kayu berupa ukiran, dana yang kita gunakan adalah Dana Desa yang jauh-jauh hari sudah kita anggarkan untuk ini. Saya berharap kepada para peserta untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh agar ilmu dari narasumber bisa terserap dengan baik. Fokus adalah kunci utama agar ilmu yang terserap bisa di aplikasinya nantinya setelah pelatihan ini usai, kita akan bantu bagi mereka yang ingin melanjutkan kegiatan ini dengan kelompok atau komunitas yang ada di Nagari Tanjung,” ujar Faze Kamis (22/9) di Aula Nagari Tanjung.

Lebih lanjut lagi kata Faze bahwa dengan adanya kegiatan ini akan membuka peluang usaha bagi mereka yang serius menekuni kegiatan ini untuk kedepannya.

” Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi pemicu bagi mereka untuk berusaha dan membuka lapangan pekerjaan buat mereka sendiri agar mereka punya penghasilan tetap, minimal buat peserta dulu,” tutur Faze.

Hampir senada, Anggit Dwi selaku narasumber dalam pelatihan ini juga menyampaikan keinginan yang sama dengan Faze.

” Selain ilmu yang kita berikan bagi para peserta bisa nantinya bermanfaat, seni ukir Minangkabau pun secara tidak langsung sudah kita lestarikan. Ada beberapa motif yang kita berikan ke peserta seperti Kaluak Paku, Si Kambang Manih dan lain sebagainya. Kami berharap agar para peserta didik bisa menindaklanjuti setelah kegiatan ini dengan berkolaborasi kepada Nagari agar bisa berkelanjutan,” ucap Anggit.

BACA JUGA :  Hingga Akhir Tahun 2021, Baznas Tanah Datar Telah Salurkan Bantuan Sebesar Rp. 11.608.263.500,-

Kegiatan ini berlangsung selama sepuluh hari masa giat dengan peserta sebanyak sepuluh orang dari usia produktif yang berasal dari Nagari Tanjung. (Dwi)