Memasuki Triwulan Akhir Tahun 2022 Pemkab Lima Puluh Kota Mutasi 59 Pejabat Struktural, Ini Harapan Bupati Safaruddin

29

I padangexpo.com (Limapuluh Kota) 

Memasuki Triwulan akhir tahun 2022, mutasi pejabat struktural di jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali bergulir. Total sebanyak 59 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengalami mutasi dengan rincian empat jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, 37 jabatan Administrator dan jabatan 18 Pengawas.

Perguliran jabatan ini juga meneguhkan hasil seleksi terbuka empat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebulan lalu untuk mengisi posisi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuk Bandaro Rajo mengatakan mutasi bertujuan untuk pembinaan, pengembangan karier serta penyegaran terhadap pejabat struktural di lingkup Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepada pejabat yang baru diangkat Bupati Safaruddin juga mengingatkan untuk meningkatkan serapan dan realisasi anggaran daerah.

“Mutasi merupakan bentuk perputaran kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan demi pembenahan dan penyegaran untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik,” kata Bupati Safaruddin dalam sambutannya pasca melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ke 59 pejabat struktural di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Senin (19/09/2022).

Sementara keempat Pejabat Pimpinan Pratama yang dilantik antara lain, Win Hari Endi selaku Kepala BKD, Adrian Wahyudi menjabat Kepala BKPSDM, posisi Kepala Dinas PUPR Rizal Hanif serta Rahmadinol dipercaya sebagai Kepala Pelaksana BPB Limapuluh Kota. Tampak hadir dalam prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah ke-59 pejabat struktural Sekretaris Daerah Widya Putra, unsur-unsur Forkopimda Lima Puluh Kota, Asisten Lingkup Setda Limapuluh Kota dan Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin mengucapkan selamat atas dilantiknya para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator maupun Pejabat Pengawas hari ini dengan harapan dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

BACA JUGA :  Pimpin TSR 1 Sumbar Kunjungi Ampang Gadang, Gubernur Mahyeldi Ajak Warga Untuk Saling Solid 

Disampaikan Bupati Safaruddin, mutasi yang dilaksanakan di Lingkungan Pemerintah daerah bertujuan untuk pembinaan dan pengembangan karier serta sebagai upaya melakukan penyegaran terhadap jajaran pejabat struktural yang Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin berharap kepada para pejabat yang baru dilantik agar fokus kepada percepatan pembangunan daerah, percepatan pencapaian target sesuai visi Kepala daerah, dan percepatan realisasi kegiatan di masing-masing perangkat daerah.

Di sisi lain, Bupati Safaruddin turut menjelaskan bahwa implementasi visi dan misi Kepala daerah sejauh ini belum sesuai harapan. Berdasarkan hal tersebut, Bupati Safaruddin meminta kepada Kepala Perangkat daerah lainnya agar bersungguh-sungguh bekerja keras secara tim dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah yang dijabarkan dalam RPJMD 2021-2026.

“Jika semua aparatur bergerak cepat, realisasi anggaran masing-masing OPD akan jauh lebih baik dengan memperhatikan prinsip akuntabilitas dan sesuai aturan perundang-undangan,” tuturnya.

Bupati Safaruddin menjelaskan, ada beberapa kunci sukses pelaksanaan tugas kepada para pejabat yang baru dilantik dalam membantu mensukseskan visi daerah yaitu pahami dan dapat menterjemahkan visi kepala daerah, memiliki konsep inovasi dan berwawasan luas yang dipadukan dengan produktifitas, kinerja dan disiplin kerja yang baik.

“Tidak hanya itu, para pejabat harus memiliki kemampuan dan responsif terhadap perkembangan zaman serta harus komunikatif dalam lingkungan OPD masing-masing maupun OPD lainnya di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota,” pungkas Bupati Safaruddin (ken/rel)