Rapat Paripurna DPRD, Wali Kota Hantarkan R-APBD Kota Bukittinggi Tahun 2023

47

padangexpo.com (Bukittinggi)

Wali Kota Bukittinggi hantarkan secara resmi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Bukittinggi Tahun 2023 pada rapat paripurna, di gedung DPRD, Jumat (09/09-22) malam.

Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Beny Yusrial didampingi Wakil Ketua Nur Hasra beserta segenap anggota dewan, dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota, Unsur Forkopimda, Sekda dan sejumlah Kepala SKPD, dan tamu undangan lainnya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, arah dan kebijakan APBD tahun 2023, disusun secara sistematis dan terukur dalam rangka pencapaian visi misi Kota Bukittinggi yakni Menciptakan Bukittinggi Hebat, Berlandaskan Adat, Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Tema yang diusung untuk Tahun 2023 ini adalah “Keberlanjutan Pemenuhan Kebutuhan Dasar dan Penguatan Ekonomi Kerakyatan dalam Rangka Pemulihan Pasca Pandemi” yang dalam implementasinya lebih kepada pemberdayaan ekonomi mikro kecil dan menekan angka kemiskinan.

Postur R-APBD 2023, Pendapatan Daerah dianggarkan sebesar Rp 664,1 miliar lebih. Pendapatan daerah ini belum memperhitungkan Dana Alokasi Khusus. Dari Sisi PAD dianggarkan sebesar Rp 159,9 miliar lebih.

Belanja daerah dianggarkan sebesar Rp 910,3 miliar lebih yang terdiri dari Belanja Operasi sebesar Rp  746,2 miliar lebih. Belanja Modal sebesar Rp 146 miliar lebih. Belanja Tidak terduga sebesar Rp 7,5 miliar dan Belanja Transfer sebesar Rp 10,5 miliar lebih.

“Pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp 43 miliar yang merupakan estimasi SILPA Tahun 2022. Dari postur pendapatan, belanja dan pembiayaan tersebut terdapat defisit sebesar Rp 203,1 miliar lebih,“ ujar Wako.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menjelaskan, rangkaian proses penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 merupakan tindak lanjut KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 berupa target dan kinerja program dan kegiatan yang telah disepakati pada 15 Agustus 2022 yang lalu.

BACA JUGA :  H-2 Penerapan Tatanan Normal Baru di Bukittinggi, Wagub Sumbar Tinjau Kesiapan Protokol CoVID-19

“DPRD selanjutnya akan menyampaikan pemandangan umum fraksi atas hantaran R-APBD Tahun 2024 yang telah dihantarkan Walikota tersebut pada paripurna  yang dijadwalkan pada hari Senin 12 September 2022,” jelas Beny Yusrial. (fadhil)