Hujan Lebat Guyur Kota Medan, Sebagian Wilayah Lumpuh Dilanda Banjir

264
Lokasi banjir : Jl. Dr Mansyur - USU, Medan, Sabtu (19/11). (Dok : Padang Expo/d79)

padangexpo.com (Medan)

Hujan lebat yang mengguyur Kota Medan sejak Jum’at (18/11) sore hingga Sabtu (19/11) dini hari, mengakibatkan hampir seluruh titik wilayah di Kota Medan meluap karena banjir dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas.

Menurut pantauan media ini dilokasi, beberapa ruas jalan masih tergenang hingga pagi ini, Sabtu (19/11) yaitu, Jalan Patriot, Jalan Sunggal, Jalan Gatot Subroto, dr mansyur dan kawasan USU. 

Bahkan sebagian jalan masih digenangi air hingga lutut orang dewasa di jalan dr mansyur menuju USU dan Setia Budi, persisnya di depan SMK 8 Medan, Sabtu (19/11) pagi sekira pukul 09.45 WIB.

Pantauan di lokasi, banyak pengendara baik roda dua, mobil maupun becak dan angkutan kota terpaksa berhenti karena mogok ditengah genangan air.  Ada juga yang nekat melewati genangan air, dan ada juga yang mencari alternatif lainnya.

Tingginya genangan air juga membuat sejumlah komplek perumahan tak luput diterjang banjir hingga masuk ke dalam rumah.

Bahkan, pada Jum’at (18/11) malam, di kawasan dr mansyur, USU, Jalan Perjuangan hingga ke Gatot Subroto terjadi kemacetan parah akibat kendaraan terjebak genangan air yang cukup tinggi.

Bisa disimpulkan, sejumlah ruas jalan di Kota Medan lumpuh akibat genangan banjir. Seperti di Jalan Dr Mansyur, Kota Medan, tepatnya di depan Universitas Sumatera Utara (USU).

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menegaskan, meski Pemko Medan melalui OPD terkait saat ini tengah membangun drainase menggunakan u-ditch di banyak titik, bukan berarti banjir otomatis langsung hilang. Sebab, fungsi drainase sebagai saluran pembuang atau penghubung curahan air hujan yang ada di satu titik menuju ke sungai.

Bobby mengatakan,”Itu sebabnya selalu saya sampaikan baik Pemko Medan, Pemerintah Provinsi Sumut dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II untuk berkolaborasi agar sungai yang ada segera dinormalisasi,” ujarnya, ketika meninjau lokasi banjir di Jalan Perjuangan, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal Jumat (18/11) malam hingga Sabtu (19/11) dini hari WIB.

BACA JUGA :  Usai Peringati HPN 2023 di Medan, Presiden Jokowi Habiskan Waktu Bersepeda Bersama Hingga Nonton Konser

Hingga berita ini diturunkan, pihak dinas terkait masih ada dilokasi untuk mengurai kemacetan, dan dibantu juga oleh warga setempat. (d79)