Kukuhkan Pengurus PKTD Jambi, Bupati Eka Putra Paparkan Program Unggulan

353

Padangexpo.com, Jambi-  Dalam membentengi generasi muda ditengah perkembangan zaman, Pemkab Tanah Datar memiliki program unggulan satu rumah satu hafiz.

Hingga saat ini lebih dari 13 ribu orang masyarakat Kabupaten Tanah Datar sudah menjadi penghafal Al-Quran atau hafiz serta telah memiliki kurang lebih 216 pondok tahfiz yang tersebar di seluruh Nagari.

“Alhamdulillah di Kabupaten Tanah Datar saat ini lebih 13 ribu orang adalah hafal Al-Qur’an dengan kurang lebih 216 pondok tahfiz, juga memiliki satu nagari tahfiz di Nagari Balimbiang yang di nagari itu kurang lebih 500 KK sudah memiliki penghafal Alquran,”.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM saat memberikan sambutan pada pengukuhan Perkumpulan Keluarga Tanah Datar (PKTD) Provinsi Jambi masa bakti 2021-2024 sekaligus Dies Natalis Ikatan Keluarga Mahasiswa Minang ke 7Jambi di Kota Jambi pada Sabtu, (17/12).

Bupati juga memaparkan, selain satu rumah satu hafiz, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga memiliki program unggulan lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya disektor pertanian memiliki empat program unggulan, yaitu layanan bajak gratis, mulai dari operator, mesin, dan biaya produksinya gratis diberikan kepada masyarakat, sehingga bisa meringankan biaya produksi dikalangan petani sendiri.

“Untuk tahun ini kami menargetkan kurang lebih 4200 hektar lahan bisa dilakukan bajak gratis. Insyaallah capaian tersebut hingga akhir tahun sudah mencapai 100 persen,” kata Bupati.

Selain itu Pemkab Tanah Datar juga menambah kuota pupuk subsidi dan menyarankan masyarakat untuk pemakaian pupuk organik serta melakukan perbaikan jaringan irigasi.

Masih disektor pertanian, Pemkab Tanah Datar juga meberikan ansuransi bagi tanaman padi dan ternak menghindari kerugian bila terjadi gagal panen dan ternak mati.

BACA JUGA :  Bupati Eka Putra: Saya Tetap Maju Dua Periode Untuk Mengabdi Di Tanah Datar

“Karena Tanah Datar memiliki topografi wilayah pegunungan dan bukit berpotensi terjadinya gagal panen ataupun bencana alam. Untuk itu kami tidah hanya manusianya nya aja yang diansuransikan tanaman dan ternak juga, dan itu sudah terealisasi 100 persen” kata Bupati.

Lebih lanjut dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama pasca COVID-19 Pemkab Tanah Datar juga memiliki program unggulan satu nagari satu event.

“Maksudnya setiap nagari di Tanah Datar itu memiliki event, dan itu bertujuan akan ada komunikasi antara mamak dengan kemenakan, kekompakan, pelestarian nilai-nilai budaya, dan memacu aktifnya sanggar dan olah raga di nagari itu,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur yang diwakili Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I menyampaikan atas nama pemerintah Jambi selamat datang di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

“Mudah-mudahan kehadiran bupati akan menambah semangatnya masyarakat Jambi asal Tanah Datar dengan spirit yang diberikan,” katanya.

Wagub juga menyampaikan ucapan apresiasi kepada segala bentuk keorganisasian khususnya perkumpulan perantau Tanah Datar yang ada di Jambi yang tidak melupakan kampung asal.

“Kampung halaman tidak dilupakan, namun bak ibarat pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, kampung tidak dilupakan namun tetap membangun Jambi dengan semangat,” katanya.

Turut hadir Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi Hasan Basri Agus, Ketua TP PKK Tanah Datar Lise Eka Putra, Gebu Minang Jambi, IKTD Jambi, Ikatan Keluarga Mahasiswa Minang Jambi, Bundo Kandung Tanah Datar Jambi, Asisten dilingkungan Setda Tanah Datar, Staf Ahli, dan Sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Tanah Datar. (Dwi)