Meriahnya Pembukaan Pedati ke XII Tahun 2022 Setelah Resmi Dibuka Oleh Walikota Bukittinggi

324

padangexpo.com, Bukittinggi

Malam pembukaan Pekan Budaya dan Seni Pameran Dagang dan Industri (Pedati) ke XII Tahun 2022 resmi dibuka oleh Walikota Bukittinggi, ditandai dengan pemukulan tambua tansa bersama Wakil Walikota, Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat.

Dan disaksikan oleh beberapa Kepala daerah se Sumbar, SKPD Kepala BUMN/BUM serta ribuan pengunjung, bertempat di Lapangan Kantin, Kamis (15/12-22) malam.

Ketua Umum Pedati ke XII, Martias Wanto menjelaskan, acara Pekan Budaya dan Seni Pameran Dagang dan Industri (Pedati) ke XII kembali digelar setelah sempat terhenti selama 11 tahun. Kegiatan ini awalnya digagas oleh stakeholder Bukittinggi, antara lain, H. Djufri, Con Piliang, Adek Rosi dan sejumlah tokoh yang telah berpulang ke rahmatullah, seperti Alm. Osman Purba dan Nasrul M. Phietra.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang digelar sejak tahun 2000. Pedati ke 12, dilaksanakan dengan tujuan yang sama dan ditambah dengan landasan dukungan terhadap program beautiful West Sumatera,” jelas Matias Wanto yang juga Sekda Bukittinggi itu.

Sekda mengatakan, kegiatan ini didukung dengan anggaran Rp 1,5 milyar ditambah dengan dana dari sejumlah sponsor Pedati ke XII ini mengangkat tema, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Mendukung Bukittinggi Hebat”. Selain itu akan banyak penampilan dari artis lokal maupun mancanegara serta pertunjukan dari paguyuban-paguyuban yang ada di Kota Bukittinggi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan memeriahkan kan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 238 yang jatuh pada tanggal 22 Desember,. Mulai tanggal 15 hingga 21 Desember 2022 di Lapangan Kantin dan tanggal 16 hingga 31 Desember di Pedestrian Jam Gadang, setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Selain itu juga didukung dengan sejumlah kegiatan di Taman Panorama, Benteng Fort de Kock dan juga Pasar Atas, ” jelas Sekda.

BACA JUGA :  Eka Putra: Untuk Menjadi Bupati Tak Harus Berlatar Belakang Keluarga Kaya atau Pejabat

Tokoh masyarakat; yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Bukittinggi (FKUB), Persalide, mengapresiasi pelaksanaan Pedati ke 12. Setelah vakum 11 tahun, kegiatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kembali digelar. Ini tentu prestasi Pemko Bukittinggi di bawah kepemimpinan Wako Erman Safar dan Wawako Marfendi.

“Apalagi tujuan pedati ini dilaksanakan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui seni dan budaya, serta untuk mendukung peningkatan perekonomian warga pasca pandemi covid 19,” ujar Persalide.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, dalam sambutan menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk realisasi janji kampanye. Bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sejumlah kegiatan.

Pedati merupakan salah satu sarana yang dimiliki oleh Bukittinggi sejak beberapa tahun lalu itu, dirasa sangat signifikan untuk dilaksanakan kembali di Bukittinggi mulai tahun ini.

“Masyarakat rindu dengan Pedati. Pada Pedati Tahun ini, Pemko juga menggandeng 2500 pelajar SMA se derajat se Kota Bukittinggi sebagai relawan Pedati. Mereka akan ditempatkan di lokasi kegiatan, Lapang Kantin, Jam Gadang, Panorama, Benteng dan Pasar Atas. Terima kasih pada para penggagas dan panitia pelaksana,” ujar Erman Safar. (Fadhil)