Bakti Sosial Indo Jolito Peduli , Astri Asgani: Kami Perempuan Minang Yang..

261

Padangexpo, Batusangkar-Kegiatan bakti sosial Indo Jolito Peduli (IJP) yang di nahkodai oleh Astri Asgani berupa bedah rumah, di hadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Di Jorong Cubadak Nagari Cubadak Kecamatan Limakaum, Kamis (26/1).

Dalam kata sambutannya, Richi menyampaikan bahwa kegiatan yang di lakukan oleh ibu-ibu IJP sangat membantu dan bersinergi dengan program pemerintah daerah, khususnya stunting.

“Terimakasih atas kepedulian Indo Jolito Peduli telah membantu salah satu warga kami dalam kegiatan bedah rumah. Seperti tahun kemaren, kegiatan IJP di akhir tahun kemaren yang bersinergi dengan program pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar, terkait dengan program stunting, Alhamdulillah kita merupakan salah satu Kabupaten yang angka stuntingnya terendah dari kabupaten kota lainnya di Sumbar. Dari 21.5% turun menjadi 18.6%. Dan salah satu yang turut andil dalam penurunan angka stunting adalah IJP,” ujar Richi.

Lebih lanjut lagi katanya bahwa memang sebagai kepala daerah ini merupakan tanggungjawab kami terhadap keluarga yang kurang mampu.

“Tapi kesediaan ibu-ibu IJP untuk turut saling membantu di tengah keterbatasan kami baik secara finansial di pemerintah daerah ini sedikit menjadi tanda bahwa kami tidak berjuang sendiri. Dan dengan bantuan ibu-ibu IJP serta pemerintahan nagari dan masyarakat di sini, mudah-mudahan di balas kebaikan kita semua oleh Allah SWT,” tutur Wabup Richi Aprian.

Astri Asgani selaku ketua Indo Jolito Peduli juga mengatakan apa yang di lakukan oleh IJP adalah bentuk kepedulian terhadap masyarakat Sumatera Barat.

“Kami memang organisasi perempuan Minang yang bergerak di bidang sosial, seni dan budaya. Dan setiap tahunnya, minimal tiga kali dalam setahun kita selalu membantu masyarakat Sumatera Barat. Dan semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan membantu meringankan beban saudara kita yang membutuhkannya,” kata Ni At, sapaan akrab Astri Asgani.

BACA JUGA :  Richi Aprian : Business Matching Produk Dalam Negeri, Kegiatan Strategis Perkenalkan Produk UMKM Tanah Datar

Zulkifli, Sekretaris Nagari Cubadak mewakili Walinagari berterimakasih kepada IJP atas bantuan yang di berikan oleh ibu-ibu IJP kepada salah satu warganya atas bantuan bedah rumah.

“Kami dari pemerintahan nagari berterimakasih kepada ibu-ibu IJP atas bantuannya, kami ada dua jorong, yaitu jorong cubadak dan supanjang dimana masih banyak rumah masyarakat kami yang perlu di bantu, kami pun sudah berusaha baik dari tingkat nagari, kabupaten dan Propinsi. Namun kehadiran langsung ibu-ibu IJP sangat membantu kami khususnya warga kami yang benar-benar membutuhkan uluran tangan dari IJP, dan perlu di ketahui bahwa Walinagari kami adalah Walinagari dengan gelar akademik terpanjang di Indonesia yang sudah tercatat pada MURI di tahun 2922,” jelas Zulkifli.

Hampir senada, Ema Yohana, anggota DPD RI juga menyampaikan bahwa apa yang di berikan jangan di nilai dari finansialnya.

“Jangan di lihat dari jumlahnya tapi nilainya dari semangatnya. Dan nilai semangat ini yang harus kita kembangkan terus kedepannya nanti. Melihat langsung kegiatan IJP ini, betul-betul menyentuh langsung ke lapisan masyarakat paling membutuhkan. Kegiatan sosial ini menjadi cermin bagi kita, cermin tentang daerah kita, tentu kita nanti akan berpikir lagi apa yang bisa kita lakukan untuk kampung halamannyang kita cintai ini,” ucap Ema Yohana.

Menambahkan juga, Mantan Bupati Tanah Datar dua periode, M.Shadiq. Pasadigue menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada organisasi Indo Jolito Peduli.

“Alhamdulillah, terimakasih atas bantuan yang di berikan oleh IJP, kepada masyarakat kami khususnya warga Jorong Cubadak, Nagari Cubadak Kecamatan Limakaum ini. Memang ibu-ibu IJP ini punya bermacam-macam kegiatan sosial mulai dari bedah rumah, sunatan massal, santunan serta yang lainnya yang selalu memperhatikan masyarakat kita Sumatera Barat. Dan kegiatan ini pun bisa juga bersinergi dengan pemerintah daerah setempat agar bisa mengurangi angka kemiskinan yang ada di Sumbar khususnya Tanah Datar. Semoga kedepannya kegiatan ini terus berkembang dan tetap dapat memberikan bakti dan amalnya untuk kabupaten Tanah Datar dan Sumbar,” pungkas Shadiq Pasadigue. (Dwi)