Bertepatan Usia ke 190, Pocadi Padang Pariaman Diresmikan Wagub Sumbar Audy Joinaldy

177

padangexpo.com (Padang Pariaman)

Bertepatan pada usia ke 190 Kabupaten Padang Pariaman, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Kabupaten Padang Pariaman pada, Rabu (11/01).

Melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menerima program Pocadi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Untuk penempatan Pojok Baca Digital (Pocadi) sendiri berlokasi di Kantor Bupati Padang Pariaman Lantai 1, berseberangan dengan ruangan Layanan Informasi Publik.

Dalam hal ini, Wagub Audy berharap fasilitas Pocadi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal, sehingga dapat menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan kegemaran membaca dikalangan masyarakat khususnya di Padang Pariaman.

Wagub mengatakan,”Dengan demikian, indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) Padang Pariaman dapat meningkat seiring dengan kehadiran Pocadi ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Padang Pariaman Erman mengungkapkan, Pocadi dikembangkan oleh perpustakaan nasional dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memperluas layanan perpustakaan sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat, pelajar, maupun ASN.

Erman menjelaskan, untuk dapat mengakses layanan tersebut pemerintah daerah bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan informasi yang terkoneksi langsung dengan Perpusnas RI.

“Dengan hadirnya layanan Pocadi yang menyediakan koleksi informasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa, mahasiswa, ASN, maupun masyarakat umum,” terang Erman.

Untuk diketahui layanan Pocadi saat ini di Kabupaten Padang Pariaman dapat dimanfaatkan di hari Selasa dan Rabu.

Sementara itu, fasilitas yang telah disediakan adalah 700 eksemplar buku dari berbagai genre, 4 unit komputer, dan 1 unit smart tv. (ADP)

BACA JUGA :  Bupati Suhatri Bur Bersama Wagub Audy Hadiri Alek Batagak Kudo-Kudo Surau Tunggua Hitam, Nagari Limpato Sungai Sariak