Benahi Infrastruktur Pasca Bencana, Bupati Suhatri Bur Minta Dukungan BNPB

212

padangexpo.com (Padang Pariaman)

Pasca musibah bencana alam angin kencang serta banjir yang melanda Kabupaten Padang Pariaman beberapa waktu lalu, mengakibatkan rusaknya rumah serta sarana dan prasarana umum dan diantaranya mengalami kerusakan yang cukup parah.

Untuk melakukan pembenahan tersebut, Bupati Padang Pariaman didampingi oleh Anggota DPR-RI Jon Kenedy Aziz melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) RI Letjen TNI Suharyanto di Gedung BNPB Jakarta, pada Rabu (8/2).

Pada pertemuan itu, Bupati Padang Pariaman turut didampingi oleh Asisten II Zainil dan Kalaksa BPBD Padang Pariaman Budi Mulya.

Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengajukan permohonan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman kepada BNPB untuk membenahi kerusakan infrastruktur sebagai dampak dari bencana alam tersebut.

Bupati Suhatri Bur menjelaskan,”Sarana prasarana kita di Kabupaten Padang Pariaman yang mengalami kerusakan akibat bencana sangat banyak dan membutuhkan dukungan BNPB, kalau kita mengandalkan APBD jelas tidak akan sanggup,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Suhatri Bur berharap agar pengajuan permohonan dukungan untuk membenahi kerusakan sarana dan prasarana di Kabupaten Padang Pariaman tersebut dapat dikabulkan oleh BNPB.

“Semoga usulan kita ini cepat direalisasikan dan masyarakat bisa berkegiatan dengan tenang dan aman ketika hujan turun. Tidak ada lagi bencana, karena sarana prasarana kita yang rusak tersebut telah diperbaki. Kita Pemerintah Kabupaten juga bahagia, karena masyarakat hidup aman tanpa ada was was,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Suhatri Bur juga mengajukan permohonan bantuan untuk menormalisasi aliran sungai sebagai upaya untuk mengatasi banjir. Hal tersebut turut diperkuat oleh pernyataan Anggota DPR RI Jon Kenedy Aziz yang notabenenya merupakan putra daerah Padang Pariaman.

“Beberapa sungai di Kabupaten Padang Pariaman perlu dinormalisasi, seperti Batang Ulakan dan Batang Anai. Sementara itu, beberapa ruas jalan juga mengalami kerusakan. Belum lagi pesisir pantai yang mengalami abrasi. Semua wilayah yang disebutkan itu merupakan akses yang banyak digunakan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, sebagaimana usulan Pemkab Padang Pariaman tadi semoga dikabulkan oleh BNPB,” tambah Jon Kenedy Aziz meyakinkan. (ADP)

BACA JUGA :  Tinjau Lokasi Bencana Banjir, Bupati Suhatri Bur Minta Warga Waspada dan Pihak Terkait Segera Tangani Secara Bersama