Kembangkan Potensi, BBPSDMP Kominfo Medan Gelar VSGDA di Sijunjung, Kadis Kominfo David : Pelatihan ini Hingga 5 Maret 2023

312

padangexpo.com (Sijunjung)

Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan, akan mengadakan pelatihan di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar).

Kadis Kominfo Sijunjung David Rinaldo menyebut, pihaknya bersama BBPSDMP Kominfo Medan, mengadakan Vocational School Graduate Academy (VSGDA).

“Ini merupakan pelatihan pertama dari tiga pelatihan yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sijunjung,” ungkapnya, Senin (20/2).

Ia menjelaskan, dalam pelatihan kali ini terdapat tiga jenis bidang pelatihan di antaranya, Junior Graphic Designer, Junior Network Administrator dan Junior Web Developer.

“Pelatihan ini gratis dan terbuka untuk umum yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” ujar David.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut tersedia bagi 75 orang peserta. Sedangkan persyaratan untuk mengikuti pelatihan tersebut diantaranya, WNI, berusia maksimal berusia 29 tahun saat mendaftar.

Lalu, lulusan SMK atau Sederajat, D1, D2, D3 dan D4 Jurusan relevan dengan skema yang didaftar.

Kemudian, belum mendapatkan pekerjaan tetap atau sedang tidak memiliki pekerjaan. Selanjutnya, calon peserta terlebih dahulu mendaftarkan akun di website digitalent.kominfo.go.id (bagi yang bum memiliki akun).

Setelah itu, peserta juga harus lolos seleksi administrasi dan tes subtansi.

Sementara, Pengumuman peserta pelatihan akan diumumkan di platform Instagram @balaibesarmedan.

Dalam hal ini, Kadis Kominfo David menjelaskan, untuk periode pendaftaran sudah dibuka mulai dari tanggal 20 Februari hingga 5 Maret 2023 mendatang.

“Untuk pengumuman peserta lolos akan dilakukan pada 6 Maret 2023, sementara pelatihan akan dilakukan mulai dari tanggal 7 sampai 11 Maret 2023,” tutur Kadis Kominfo Sijunjung itu.

Sedangkan untuk fasilitas selama pelatihan tersebut, pihaknya akan memfasilitasi sarana yang ada di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Dalam pelatihan itu, peserta akan mendapatkan uang saku, konsumsi, materi pelatihan dan instruksi berpengalaman.

BACA JUGA :  Pemda Bersama Forkopimda Kab Sijunjung Gelar Pertemuan dengan Rektor UNP

“Bagi peserta yang lulus uji kompetensi akan mendapatkan serta E- sertifikat dan Sertifikat berbasis SKKNI,” tutupnya. (gga/rel)