Kota Solok Kembali Raih Piala Adipura, Wali Kota Zul Elfian : Ini Hasil Kerja Keras Semua Elemen

192
Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, saat menerima Piala Adipura 2022 dari KLHK.

padangexpo.com (Solok Kota)

Setelah empat tahun absen Pemerintah Kota Solok kembali membawa pulang Piala Adipura 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  Penghargaan ini terakhir diraih Pemkot Solok pada Tahun 2017-2018 silam, sebelum sempat terhenti karena pandemi Covid-19 di 2020.

Piala Adipura 2022 kategori Kota Kecil untuk Pemerintah Kota Solok tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Turut mendampingi Wako Zul Elfian Umar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Adrizal, Asisten Sekda Kota Solok, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Pertanian Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wali Kota Solok H. Zul Elfian mengatakan penghargaan tersebut dapat diraih kembali berkat kerja sama pemerintah daerah dan masyarakat karena memiliki kesadaran untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih.

Wako Zul Elfian mengatakan, Piala Adipura ini merupakan wujud konsistensi dan komitmen seluruh elemen Kota Solok, mulai dari warganya, para pemangku kepentingan, hingga pasukan orange DLHK3 dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota yang berkelanjutan, “Jika tanpa kerja sama dan kesadaran dari masyarakat untuk menciptakan kebersihan, penghargaan ini tidak dapat diraih. Kami apresiasi peran warga dan kinerja perangkat daerah,” katanya.

Dengan diraihnya penghargaan Adipura, ia mengharapkan bisa menjadi motivasi bagi perangkat daerah untuk lebih meningkatkan kinerja dan berinovasi guna menciptakan layanan dan kota yang nyaman bagi warga dan pengunjung, terang Wako.

“Ini adalah bukti dan komitmen bahwa Kota Solok adalah kota yang memiliki masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungannya. Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada petugas kebersihan yang telah bersusah payah menguras energinya untuk keindahan dan kebersihan kota Solok,” katanya.

BACA JUGA :  Bidan dan Perawat RSU M Natsir Solok Demo Tuntut Jasa Pelayanan Transparansi Klaim BPJS

Menurutnya, Adipura merupakan sebuah prestasi menggembirakan bagi setiap kota di Indonesia. “Bukan hanya prestasi saja, Adipura juga menjadi prestise dan lambang kesuksesan-dambaan setiap kota di Indonesia, ujarnya

Selanjutnya, Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat agar terus berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan untuk mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah bersih, nyaman dan asri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok Edrizal mengatakan, Piala Adipura diberikan untuk beberapa kategori yaitu Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Piala Adipura dan Adipura Kencana.

“Untuk Kota Solok sendiri, kita mendapat penghargaan di level ke-3 yakni Piala Adipura. Belum yang tertinggi, yakni Adipura Kencana. Adipura 2022 ini adalah penghargaan yang sebelumnya pernah di raih pada tahun 2017-2018 lalu” katanya.

Adipura termasuk salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong penerapan kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, penerapan kebijakan persampahan penghijauan,”Adipura merupakan penghargaan bergengsi dan ditunggu-tunggu pemerintah daerah,” ujarnya.

Semoga kedepan kita bisa mendapatkan penghargaan tertinggi ini yaitu Adipura Kencana. “Insyaa Allah kita akan terus berbenah untuk yang lebih baik lagi ke depan. Dengan melahirkan berbagai inovasi untuk pengolahan sampah, baik oleh pemerintah maupun masyarakat, sehingga penghargaan Adipura Kencana ini bisa didapat,” terangnya.

Sedangkan, Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mengatakan, pemberian penghargaan Adipura terakhir dilaksanakan pada 2019 dan terhenti karena pandemi Covid-19. Sehingga baru sekarang bisa terselenggara kembali.

“Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan,” katanya.

Siti Nurbaya mengatakan, dengan adanya penghargaan ini, Kementerian LHK berharap dapat mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha untuk mewujudkan kota berkelanjutan.

BACA JUGA :  Wako Solok H. Zul Elfian Bersama Banggar DPRD Kota Solok Gelar Hasil Evaluasi Rancangan Perubahan APBD 2021

“Sekaligus menyelaraskan pertumbuhan ekonomi, sosial dan ekologis dalam proses pembangunan serta menerapkan prinsip good governance menuju zero waste dan zero emission,” ujarnya mengakhiri. (d79)