Berhasil Raih Dua Predikat Terbaik, Bupati Suhatri Bur Terima Penghargaan dari Gubernur Sumbar

208

padangexpo.com (Padang)

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menerima dua penghargaan sekaligus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Bupati Suhatri Bur langsung menerima penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah saat pelaksanaan Musrenbang Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 di Hotel Pangeran Beach, Padang, Selasa, (21/03).

Adapun ini momentum penerimaan penghargaan tersebut dua tahun kepemimpinan Suhatri Bur – Rahmang berhasil meraih peringkat terbaik III Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Sementara itu, Kabupaten Padang Pariaman juga berhasil memperoleh penghargaan di bidang ekonomi. Penghargaan diberikan khusus sebagai daerah tertinggi untuk pencapaian Indeks Pertumbuhan Ekonomi tahun 2022 tingkat Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suhatri Bur menyampaikan,”Adapun capaian yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman ini merupakan wujud kerja keras, sinergitas, dan komitmen dari seluruh jajaran Pemkab Padang Pariaman dengan bersama stakeholders pelaku pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman dan juga perantau,” terangnya.

Suhatri Bur menyampaikan, bahwa pada masa Covid-19 tahun 2020 yang lalu, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Padang Pariaman sempat merosot ke angka -10,46%. Angka ini merupakan angka terendah sekalipun jika dibandingkan dengan Pertumbuhan Ekonomi pada saat gempa 2009 yang lalu.

Meskipun demikian, Pemkab Padang Pariaman terus berusaha bangkit dengan segala sumber daya yang ada, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan segala bentuk mekanisme dan upaya membangkitkan ekonomi masyarakat terutama di sektor-sektor unggulan pendukung PDRB.

”Alhamdulillah pada tahun 2021 Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Padang Pariaman mulai bangkit 2 digit yang berada di angka +2,18% (naik sebesar 12,64%). Pertumbuhan ini kembali meningkat di tahun 2022 menjadi 6,87% (naik sebesar 4,69%), capaian ini dinilai cukup baik jika dibandingkan dengan capaian Provinsi Sumatera Barat yang berada pada nilai 4,36% dan juga capaian Nasional yang berada pada angka 5,31%,” ujar Suhatri Bur.

BACA JUGA :  Sekda Rudy Rilis Resmi Buka Pelatihan Bamus Nagari Tahun 2023

Dalam hal ini, Suhatri Bur mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat Padang Pariaman, baik yang ada di ranah maupun di rantau, Perangkat Daerah, Camat, Walinagari dan semua pihak terkait atas penghargaan yang telah berhasil di raih saat membuka Musrenbang Kabupaten di Hall IKK Parit Malintang pada Selasa, (21/03) siang.

Penghargaan yang didapat akan didedikasikan untuk seluruh masyarakat Padang Pariaman.

“Saya dedikasikan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Padang Pariaman, karena tanpa dukungan semuanya penghargaan ini tentu tidak akan kita dapatkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Suhatri Bur menjelaskan bahwa sektor yang berkontribusi besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman meningkat antara lain penyediaan akomodasi dan makan minum yakni para pelaku UMKM, IKM, UKM yang ada di Padang Pariaman.

Untuk itu, ia akan terus memusatkan perhatian dalam melakukan pembinaan dan pengembangan karena memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi.

“Terima kasih dan apresiasi kami dari Pemerintah Daerah kepada semua pihak, para pelaku ekonomi kecil, menangah bahkan ekonomi mikro. Juga terima kasih juga kepada pelaku industri kecil, menengah dan industri besar. Tidak lupa para investor dalam segala dan seluruh masyarakat yang telah memutarkan uangnya dan membelanjakan uangnya di dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman,” ujar Suhatri Bur mengakhiri. (ADP)