Sambut Ramadhan 1444H Pemkab Solok Gelar Rakor FKUB Untuk Menjalin Kerjasama dengan Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat

174

padangexpo.com (Arosuka, Kabupaten Solok)

Dalam rangka penguatan stabilitas keagamaan dan pemberdayaan forum kerukunan umat beragama Kabupaten Solok dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1444 H/2023. Pemerintah Kabupaten Solok, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan unsur masyarakat lainnya, pada Rabu (8/3) di ruang pertemuan TP-PKK Kabupaten Solok.

Pada Rakor tersebut, Bupati Solok, Epyardi Asda, diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Solok Agus Rostamda dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan Koordinasi Forum Pimpinan didaerah bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan unsur masyarakat lainnya guna untuk menjalin komunikasi dengan pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemerintah dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Solok agar tidak terjadinya konflik agama yang dapat menimbulkan kekacauan ditengah-tengah masyarakat dan menjamin keamanan umat beragama dalam melaksanakan ibadah puasa.

Kegiatan ini guna menyikapi dalam meningkatkan kewaspadaan kita semua terhadap segala hal yang timbul, sehingga dapat memicu konflik, keresahan ditengah-tengah masyarakat kita dan juga untuk membantu pemerintah daerah dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban termasuk peristiwa bencana alam,” ungkap Agus Rostamda.

Dijelaskannya lagi, bahwa peningkatan kewaspadaan dini perlu dilakukan untuk mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan dan hambatan pada semua bidang kehidupan termasuk tindakan radikalisme.

“Dengan begitu, semua permasalahan yang akan berkembang dapat diantisipasi sedini mungkin dalam rangka menciptakan kondisi yang aman demi kelancaran pelaksanaan kegiatan bulan suci Ramadhan tahun 2023 di Kabupaten Solok,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus Rostamda berharap dengan kegiatan koordinasi ini dapat meningkatkan kerjasama antara Forkopimda dan Forum Kerukunan Umat Beragama serta unsur masyarakat lainnya di Kabupaten Solok dalam mencegah segala bentuk ancaman Kamtramtibmas yang akan terjadi.

BACA JUGA :  Sukseskan Pemilu 2024 Mendatang, Pemkab Solok Melalui Kesbangpol Gelar Rakor Pemberdayaan Bagi Ormas

bekerjasama dalam mencegah segala bentuk ancaman Kamtramtibmas yang akan terjadi di Kabupaten Solok dalam menyambut bulan suci ramadhan tahun 2023 ini agar dapat selalu terjaga dan kondusif,” harapnya.

Selanjutnya atas nama Pemerintah Daerah, Agus Rostamda mengajak, untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai komponen dan unsur yang ada di masyarakat dalam menjaga Kamtramtibmas dan selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta berprilaku sesuai dangan Pancasila dan Undang-undang 1945 yang cinta tanah air dan memiliki wawasan kebangsaan Bhineka Tunggal Ika.

“Mari kita cegah dan antisipasi segala macam konflik yang dapat menimbulkan perpecahan dimasyarakat, menolak aliran terlarang, tindakan radikalisme serta menyatakan perang terhadap narkoba dan tanggap darurat jika terjadinya bencana alam,” imbuhnya. “Dan yang terakhir mari kita sukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024,” tutup Agus Rostamda. (marjohan)