Terkait Musrenbang RKPD Tahun 2024, Ini Pesan Ketua DPRD Tanah Datar

241

Padangexpo, Tanah Datar – Ketua DPRD Tanah Datar H. Ronny Mulyadi, dalam pandangannya yang disampaikan secara virtual melalui zoom meeting pada kegiatan Musrenbang RKPD (Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah) Kabupaten Tanah Datar  Tahun 2024, Rabu (8/3) mengingatkan bahwa tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu sehingga dalam menyusun RKPD Pemda harus menganggarkannya. “Artinya Pemda sudah harus siap dengan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada ditahun 2024 nanti,” ujarnya.

” Di tahun 2024 nanti kita akan mengadakan Pemilu baik legislatif maupun kepala daerah. Sekiranya Pemda dapat menyiapkan anggaran untuk mensuport pemilu terutama kepala Daerah, seperti yang sudah di sampaikan oleh KPU RI bahwa di tahun 2023 ini kita harus menyiapkan anggaran sebesar 40% dari APBD untuk pelaksanaan Pilkada 2024. Artinya kesiapan Pemda untuk 2024 sudah matang, walaupun sampai saat ini untuk pemilihan legislatif DPRD Kabupaten/kota, provinsi serta DPR RI maupun Presiden belum ada ketetapan yang pasti dan itu kewenangan pusat,” sambung Roni.

Lebih lanjut lagi tuturnya, terkait beberapa pengaduan yang ada di DPRD tentang isu strategis pemilihan Walinagari dan BPRN yang belum ada kepastian hingga saat ini, berharap agar di tahun 2023 ini bisa terang sehingga apapun kegiatan masyarakat dapat bisa terlaksana dengan baik dengan adanya Walinagari definitif.

” Kemudian, semoga Pemda bisa memprioritaskan proyek-proyek untuk kepentingan masyarakat seperti drainase, jalan, pertanian dan bantuan sosial yang bisa menyentuh langsung masyarakat luas. Terakhir, semoga isu terkait tapal batas bisa di selesaikan dengan baik tanpa ada gejolak di masyarakat Tanah Datar,” pungkas Roni Mulyadi Dt. Bungsu

Hal senada juga disampaikan oleh wakil pimpinan DPRD Tanah Datar Anton Yondra. “Kami sangat mengapresiasi Pemda Tanah Datar, apalagi saat ini Tanah Datar masuk 16 besar ditingkat nasional dalam penilaian perencanaan pembangunan daerah. Kita semua berharap Tanah Datar bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional nantinya,” ujar Anton.

BACA JUGA :  Survey IKM, 40 OPD Tanah Datar Berada Pada Nilai 90

” Dalam waktu yang kasip dan singkat dengan kondisi keuangan yang ada saat ini, kita masih bisa memprioritaskan kebijakan pembangunan untuk masyarakat di Kabupaten Tanah Datar,” sambungnya.

Lebih lanjut lagi, Anton Yondra mengatakan bahwa DPRD akan selalu bersinergi dalam menyusun rencana pembangunan daerah dan juga program-program lainnya.

Namun demikian, Anton Yondra juga mengingatkan bahwa saat ini juga masih banyak kritikan dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan pembangunan di daerah dan berharap apa yang menjadi kritik tersebut bisa direalisasikan di tahun 2023 ini.

” Kami apresiasi dimana beberapa kegiatan yang sebelumnya tidak bisa terlaksana secara maksimal, di hari ini bisa kita tuntaskan. Dan mungkin beberapa kekurangan kita terhadap pembangunan lainnya, mari kita maksimalakan di tahun 2023 ini,” tutur Anton Yondra.

Dan di tahun 2023 ini, Anton berharap pemda bisa menyiapkan anggaran pilkada termasuk anggaran untuk membantu proses-proses lainnya, yang notabene di tahun 2024 adalah agenda Pilkada dimana 40% anggaran yang harus segera di tuntaskan di tahun 2923 ini.

” Tentunya dengan kegiatan ini akan menyita banyak materi yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk pembangunan masyarakat Tanah Datar. Kemudian, kami berharap bagaimana bisa membuka peluang untuk pemerintah provinsi dan pusat agar dapat lebih mengucurkan anggaran yang besar untuk Tanah Datar dalam mendukung program unggulan daerah dan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar,” tutup Anton Yondra selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar. (Dwi)