Kendalikan Inflasi Selama Ramadan, Pemkab Padang Pariaman Gelar Pasar Rakyat Hingga 17 April 2023

195

padangexpo.com (Parit Malintang, Padang Pariaman)

Dalam upaya pengendalian inflasi selama bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman Pariaman menggelar Pasar Rakyat atau Bazar bagi masyarakat se Kabupaten Padang Pariaman.

Bazar tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 10 – 17 April 2023 mendatang.

Adapun penyelenggaraan Bazar ini sejalan dengan arahan Kementerian Dalam Negeri dengan Nomor: 500.2/3799/bangda/2023 tentang evaluasi kinerja Tim Pengendalian Inflasi Kabupaten/Kota tahun 2022 dan program kerja tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menindaklanjuti dengan rapat koordinasi (Rakor) pada tanggal 13/3/2023 yang lalu.

“Melalui koordinasi Bagian Perekonomian dan SDA keputusannya dilaksanakan Bazar selama 5 hari kerja,” terang Kabag Perekonomian dan SDA Mulyadi, Kamis (6/4) di kantornya.

Sedangkan pelaksanaan Pasar Rakyat atau Bazar tersebut bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Padang Pariaman akan membagikan ratusan voucher belanja kepada masyarakat di tiap titik Bazar yang dilaksanakan. Diharapkan program ini dapat membantu kebutuhan masyarakat selama Ramadhan tahun ini.

“Keputusan rapat akan ditindaklanjuti oleh OPD teknis yaitu Dinas Dagnakerkop UKM berkolaborasi dengan Baznas,” tambahnya.

Ketua Baznas Padang Pariaman Rahmat Tuanku Sulaiman menyampaikan, untuk teknis di lapangan Disdagnaker bersama Pemerintah Kecamatan setempat.

Berdasarkan data dari kecamatan tersebut Bazar akan dilaksanakan dan Baznas menganggarkan ditiap kecamatan itu senilai 5 juta rupiah yang dibagikan kepada masyarakat dalam bentuk voucher belanja.

“Pembagiannya dalam bentuk vocher belanja yang akan diberikan pada mustahik yang telah didata oleh pemerintah setempat,” sebutnya singkat yang saat dihubungi didampingi Wakil Ketua Zulfahmi, pada Jumat (7/4).

Jadwal pelaksanaan telah ditentukan oleh Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM, yaitu pada Senin, 10 April 2023 bertempat di Pasar Baru Basa Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Selasa, 11 April 2023 di Pasar Barebeh Kecamatan Sungai Limau.

BACA JUGA :  BNPB Jadikan BPBD Padang Pariaman Percontohan Dalam Penanganan Infrastruktur Terdampak Bencana

Untuk hari ketiga dilaksanakan Pasar Tandikek Kecamatan Patamuan pada hari Rabu, 12 April 2023, dan berikutnya pada Kamis, 13 April 2023 di Pasar Kayu Tanam Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, terakhir dilaksanakan Pasar Nagari Toboh Gadang Kecamatan Sintoga pada Senin, 17 April 2023.(ADP)